Wajah Berminyak saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya

3 Nov

Wajah Berminyak saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya,- obatjerawatcina.com – Apakah Anda pernah merasakan kulit terasa berminyak saat bangun pagi? Mungkin banyak yang berpendapat hal tersebut terjadi karena memang jenis kulit yang berminyak.

Perlu diketahui, kulit berminyak yang dialami ketika baru saja bangun tidur terjadi karena kelenjar kulit di wajah aktif ketika sedang tidur. Namun, selain itu ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kulit berminyak saat bangun tidur. Apakah itu?

Wajah berminyak

Mengetahui Penyebab Wajah Berminyak saat Bangun Tidur

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab wajah berminyak saat bangun tidur. Mulai dari faktor dari dalam tubuh hingga produk kecantikan yang digunakan. Walaupun begitu, tidak semua orang mengalami hal ini.

Ada beberapa orang yang memang memiliki produksi sebum atau minyak yang biasa saja dan tidak terlalu banyak di malam hari. Selain itu, kondisi ini juga mungkin dipengaruhi oleh genetik.

Nah, berikut ini beberapa faktor penyebab wajah berminyak saat bangun tidur yang perlu diketahui, yaitu diantaranya :

  • Membersihkan wajah berlebihan

Terlalu sering membersihkan wajah ternyata bisa memicu wajah menjadi sering berminyak. Membersihkan wajah bertujuan untuk menghilangkan minyak di kulit. Namun, ketika Anda mencuci wajah terlalu sering, maka akan membuang terlalu banyak minyak dari kulit.

Ketika hal tersebut terjadi, maka kelenjar minyak akan mendeteksi bahwa kulit kekurangan minyak, sehingga minyak akan diproduksi lebih banyak. Sebaiknya jangan mencuci wajah secara berlebihan sebelum tidur, cukup cuci wajah satu kali saja sebelum tidur.

  • Kulit terlalu kering

Wajah berminyak saat bangun tidur juga bisa disebabkan karena kondisi kulit kering. Jadi, ketika kulit wajah terlalu kering di malam hari, maka selama semalaman minyak akan diproduksi agar kulit tidak semakin kering.

Kulit kering bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti make up, makanan, dan cuaca. Ketika kulit terlalu kering, maka kelenjar akan otomatis menciptakan lebih banyak minyak untuk menggantikan airnya yang hilang. Oleh karena itu, pastikan jika kulit tidak kering sebelum tidur agar wajah tidak berminyak saat bangun di pagi hari.

  • Kondisi hormon

Jika wajah terlihat mengkilap saat bangun tidur, bisa jadi ini disebabkan oleh kadar hormon yang meningkat di malam hari. Jadi, hormon merangsang kelenjar minyak di kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak.

Sebenarnya, minyak akan diproduksi secara alami setiap saat agar kulit tidak kekeringan dan mencegah timbulnya infeksi bakteri. Ketika tidur terjadi perubahan hormon yang membuat kadar minyak diproduksi secara berlebihan. Ada beberapa faktor yang juga bisa memengaruhi keluarnya sebum di malam hari seteperti cuaca yang lembab, stres, dan siklus menstruasi.

Menurut Josua Ziechner, MD, seorang dermatologist menyebutkan bahwa cuaca yang lebih lembab dan hangat akan membuat produksi minyak lebih meningkat. Begitu juga saat menstruasi, hormon akan meningkat dan memicu produktivitas kelenjar minyak sehingga wajah akan lebih banyak berminyak, termasuk saat malam hari.

Itulah beberapa penyebab wajah berminyak saat bangun tidur yang perlu diketahui. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya selalu bersihkan wajah sebelum tidur untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak setelah beraktivitas di malam hari. Gunakan pembersih wajah yang bebas dari minyak agar wajah tidak semakin mengkilap. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *