Vitamin Untuk Mencegah Jerawat

20 Aug

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mebahas tentang vitamin B 12 penyebab jerawat susah hilang. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai vitamin-vitamin yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Vitamin apa sajakah itu ? simak ulasannya dibawah ini.

Vitamin Untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Kesehatan kulit bisa dipelihara dan dipertahankan dengan pendekatan yang lebih komprehensif. Ini bukan hanya mengandalkan perawatan eksternal dan kosmetik saja, tetapi kebiaasan makan juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

vitamin untuk mencegah jerawat

Vitamin merupakan salah satu hal yang juga memiliki peran dalam pencegahan timbulnya jerawat. Vitamin memang telah terbukti sangat penting untuk berbagai proses pada tubuh. Terdapat beberapa vitamin tertentu yang dapat membantu untuk mempercepat dalam pemulihan kulit dari bekas jerawat dan juga mencegah jerawat timbul kembali.

Vitamin dipercqaya memiliki antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu membuang kotoran dari kulit, terutama di loaksi jerawat. Vitamin sebenarnya dapat didapatkan secaralangsung darri makanan yang beargizi. Namun, jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, pil vitamin dapat digunakan untuk menggantikannya.

Berikut ini beberapa jenis vitamin yang dapat mencegah timbulnya jerawat :

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu vitamin terbaik untuk kesehatan kulit dan juga bagi kesehatan rambut. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu untuk mengatsi kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat masuk ke tubuh melalui obat-obatan, bahan pengawet makanan, merokok, asap polusi, dan sebagainya. Radikal bebas menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit, meningkatkan intensitas kulit, dan juga menyumbat kulit. Vitamin E menajdi antioksidan dan membantu dalam detoksifikasi tubuh. hal ini juga dapat meningkatkan fungsi kelenjar kulit. Beberapa jenis krim vitamin E dapat digunakan untuk meringankan bekas jerawat dan menyembuhkan jerawat. Hal ini juga dapat membantu untuk melembabkan kulit. Dengan mengonsumsinya secara teratur atau menggunakan minyak vitamin E ini dapat membantu mengobati jerawat. Anda juga dapat menerapkan minyak almond untuk menjaga kesehatan kulit melalui makanan seperti tahu, bibit gandum, kacang kedelai, sayuran, dan udang.

  • Vitamin A

Vitamin A merupakan antioksidan yang kuat yang akan bekerja dengan baik jika diserap dengan benar oleh tubuh. Vitamin A ini sangat penting untuk memperbaiki dan menjaga selaput lendir serta mengeluarkan racun. Vitamin ini bekerja melawan jerawat dengan menurunkan produksi minyak dan mengencangkan jaringan pelindung. Anda bisa mendapatkan vitamin A dalamsayura, buah-buahan, susu, telur, mentega, margarin, dan ikan laut.

  • Vitamin C

Vitamin C bisa memperbaiki pertumbuhan jaringan, meningkatkan imunitas, mencegah infeksi, mencegah akumulasi lemak, melindungi kerusakan sel dan beberapa fungsi utama dari vitamin C. Maka tidak heran jika vitamin ini bisa membantu mengatasi jerawat. Sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu produksi kolagen dan mengeluarkan racun dari tubuh. Anda bisa memilih vitamin C berdosis atua bersama nutrisi lain seperti kalium, seng, dan kombinasi kalsium untuk kulit yang sehat. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin C diantaranya adalah brokoli, tomat, jeruk, lemo, kangkung, peach, dan paprika.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 (Piridoksin) larut dalam air dan ini merupakan obat yang bagus untuk jerawat. Tapi, vitamin ini juga bisa menyebabakn efek smaping yang parah. Jadi, sebelum mengonsumsi pil ini, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Asupan vitamin 1,7-1,9 mg dalam sehari dianggap cukup untuk mencegah jerawat. Vitamin B6 dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah infeksi. Hal ini juga bisa melawan bakteri kulit yang menyebabkan noda. Makanan yang kaya akan vitamin B6 termasuk diantaranya adalah beras, gandum, bumbu kering, rempah-rempah, dan bawang putih.

  • Vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin merupakan vitamin penting untuk mengobati jerawat. Vitamin ini enting untuk meningkatkan kesehatan rambut, kuku, dan kulit. Dosisi sekitar 150-200 mg per hari diangap aman, namun dibagi menjadi 3 dosis. Sebelum mengonsumsinya, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter. Selain dalam bentuk pil, Amda juga bisa mendapatkan asupan vitamin B2 dari beberapa jenis makanan, diantaranya adlaah jamur, bayam, susu, kacang-kadangan, dan kacang kedelai.

Penelitian tertentu juga telah menunjukkan bahwa nutrisi seperti omega, asam lemak, dan supleme zinc juga membantu dalam memerangi jerawat. Maka dari itu, untuk mengatasi jerawat selain dengan beberapa jenis vitamin diatas, anda juga bisa menggunakan makanan yang mengandung nutrisi juga.

vitamin untuk mencegah jerawat

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *