Vitamin B 12 Penyebab Jerawat Susah Hilang

12 Aug

Jerawat dan bekas jerawat memang menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang selalu memperhatikan setiap penampilannya. Mereka akan selalu berusaha untuk menghilangkannya dengan melakukan berbagai cara, mulai dari medis hingga tradisional. Bahkan mereka juga berani mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk menghilangkannya.

Tapi, meskipun sudah melakukan berbagai cara, ada sebagian dari mereka yang mengeluh jerawat yang tumbuh tidak kunjung hilang. Apa penyebabnya ?

vitamin B 12 penyebab jerawat susah hilang

Para peneliti telah menemukan bahwa penyebab dari jerawat susah dihilangkan adalah vitamin B 12. Benarkah ? Para ilmuwan menemukan bahwa vitamin B 12 mengubah aktivitas bakteri pada kulit yang dapat memicu timbulnya jerawat. Mereka percaya penemuan itu bisa mengarah pada pengobatan baru untuk penyakit kulit ini dan menjelaskan mengapa beberapa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin B 12 berjerawat.

Telah diketahui bahwa mengonsumsi pil vitamin dapat menyebabkan munculnya jerawat, namun tidak ada seorangpun sebelumnya yang mampu menjelaskan kejadian tersbeut. Tapi kini studi terbaru telah memecahkan misteri tersebut dengan menunjukkan bahwa vitamin mengubah aktivitas metabolik dari bakteri kulit yang bertanggungjawab atas jerawat, propionibacterium acnes.

Peneliti tertarik untuk mempelajari apakah ada perbedaan antara ekspresi gen bakteri kulit pada orang yang rentan timbul jerawat dibandingkan dengan orang yang berkulit bersih dan sehat. Para peneliti melihat ekspresi gen dari bakteri tersebut untuk mengetahui mengapa propionibacterium acnes yang merupakan mikroba kulit menyebabkan jerawat pada sebagian orang, tapi tidak pada sebagian orang lainnya.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa vitamin B 12 telah mengubah ekspresi gen bakteri kulit, yang mana bisa merangsang inflamasi dan munculnya jerawat.

Para peneliti juga mengamati bahwa jalur lain yaitu biosintesis porifirin terkait dengan jalur biosintesis B 12. Mereka berhipotesis bahwa ketika ada konsumsi B 12 yang tinggi bisa mengarah kepada kelebihan porifrin dengan propionibacterium acnes. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa porifirin dapat menginduksi peradangan dan jerawat.

Meskipun penelitian telah menyebutkan adanya hubungan antara vitamin B 12 dengan jerawt yang susah untuk dihilangkan, bukan berarti Anda tidak mengonsumsi vitamin B 12 sama sekali. Perlu diingat, bahwa vitamin B 12 berperan dalam proses metabolisme, pembentuan sel darah merah, memelihara sistem saraf pusat dan sitesis DNA. Jika Anda kekurangan vitamin B 12, maka dapat menyebabkan kelelahan dan kekurangan energi.

cara merawat wajah yang berjerawat

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *