Tips Mengatasi Jerawat Gatal dengan Manfaat Bahan Alami

5 Sep

Tips Mengatasi Jerawat Gatal dengan Manfaat Bahan Alami,- Kehadiran jerawat di kulit tentu akan sangat mengganggu, apalagi timbul rasa gatal. Kondisi ini tentu akan membuat siapapun menggaruknya untuk menghilangkan rasa gatal yang timbul. Padahal, menggaruk jerawat yang gatal dengan menggunakan tangan bukanlah solusi yang tepat, justru hal ini akan menimbulkan peradangan sehingga berpotensi memperparah kondisi jerawat yang timbul.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi jerawat yang gatal, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita.

Berikut ini tips mengatasi jerawat gatal dengan manfaat bahan alami yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu :

  • Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis memang telah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan madu memiliki sifat antibakteri sedangkan kayu manis dapat mencegah efek oksida nitrat, yaitu zat kimia yang dipercaya dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Dengan adanya sifat-sifat penyembuhan tersebut, madu dan kayu manis dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat rumahan yang efektif.

Untuk mendapatkan manfaat dari kedua bahan alami ini, cukup campurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Gunakan ramuan ini sebagai masker sebelum tidur.

  • Lidah buaya

Lidah buaya kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Dan faktanya tanaman ini telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk kecantikan karena memiliki khasiat yang luar biasa. Lidah buaya telah digunkana selama ribuan tahun untuk membantu mengobati ebrbagai masalah kulit, seperti kulit terbakar, luka, iritasi kulit, peradangan kulit, dan lain sebaianya.

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat gatal di kulit, lidah buaya bisa menjadi solusi pengobatan yang efektif. menggunakan gel lidah buaya pada jerawat gatal dapat menenangkan dan mengurangi tingkat keparahan.

  • Yoghurt dan oatmel

Tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, ternyata yoghurt dan oatmeal juga menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kecantikan, salah satunya untuk membantu mengatasi jerawar gatal di kulit. Kandungan probiotik yang ada didalam yoghurt tidak hanya baik bagi pencernaan, tetapi juga dapat menghambat bakteri penyebab jerawat. Yoghurt juga bisa membantu menenangkan rasa gatal, terbakar, dan radang.

Sementara itu, oatmela yang merupakan exfoliator yang hebar mampu membantu menghilangkan kulit mati dan pori-pori yang tersumbat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan beberapa yoghurt murni dengan oatmeal dan oleskan pada wajah berjerawat sebagai masker selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu, cuci dan ulangi perawatan ini setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa bahan alami tersebut bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal jerawat yang ampuh dan juga aman tanpa menimbulkan efek samping. Selain melakukan pengobatan, disarankan juga untuk menghindari berbagai faktor penyebab jerawat dan selalu jaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *