Tips Memilih Sabun yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

16 Nov

Memiliki kulit yang berjerawat memang membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Maka tak heran jika banyak obat jerawat yang dicari, mulai dari obat kimia yang banyak di jual di apotik hingga obat tradisional yang memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengusir jerawat yang timbul di kulit wajah. Untuk mencegah datangnya kembali jerawat, mencuci wajah merupakan salah satu yang bisa Anda lakukan. Namun, sayangnya tidak sedikit yang menganggap sepele mencuci wajah, sehingga banyak yang tidak terlalu memperhatikan jenis sabun pencuci wajah yang akan digunakan.

tips-memilih-sabun-yang-tepat-untuk-kulit-berjerawat

Mulai dari sekarang, coba hentikan kebiasaan tersebut. Terlebih lagi jika Anda memiliki kondisi kulit yang berjerawat. Umumnya sabun wajah memiliki surfaktan yang berguna untuk menembus tegangan permukaan kulit. Dengan demikian, sabun tersebut dapat menyerap kotoran dan minyak yang kemudian akan hilang ketika Anda membilasnya.

Masalanya, selain menghilangkan kotoran dan minyak yang menjadi penyebab jerawat, surfaktan juga dapat menghilangkan pelembab alami kulit dan membuat kulit menjadi kering. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka kulit dapat teriritasi atau terjadi peradangan.

Sabun pembersih wajah yang ideal harus dapat mengurangi minyak dari permukaan kulit. Tapi bukan berarti membuat kulit menjadi terlalu kering. Berikut ini beberapa tips memilih sabun yang tepat untuk kulit berjerawat yang perlu Anda perhatikan :

Perhatikan kandungan sabun

Jika kulit Anda sangat berjerawat, maka Anda bisa memilih sabun dengan kandungan benzoil peroksida, tea tree oil, atau asam salisilat untuk membunuh bakteri dan mengurangi minyak.

Perhatikan label

perhatikan label sabun pencuci wajah yang akan Anda beli. Cari sabun khusus dengan label ‘oil control’ untuk kulit berminyak atau ‘non-comedogenic’.

Perhatikan tekstur sabun

Pilihlah sabun dengan tekstur yang lembut. Sabun dengan tekstur foam biasanya akan membuat kulit berjerawat lebih nyaman.

Perhatikan kondisi lainnya

Jika Anda sedang menggunakan krim perawatan dari dokter, biasanya diawal pengobatan kulit akan mengalami iritasi atau bersisik, gatal, serta kemerahan. Sebaiknya gunakan sabun yang lembut dengan kandungan pelembab sementara waktu. Hal ini dimaksudkan agar kulit lebih nyaman di awal-awal pengobatan. Namun, tentu saja hal ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Selain memperhatikan tips memilih sabun yang tepat untuk kulit berjerawat diatas, jangan lupa juga untuk membatasi frekuensi mencuci wajah. Sekalipun wajah Anda berminyak atau berjerawat, sebaiknya batasi mencuci wajah, paling tidak 3 kali dalam sehari.

Hindarilah memilih sabun secara sembarangan jika Anda memiliki kondisi kulit yang berjerawat. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan spesialis kulit untuk mengetahui jenis sabun mana yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *