Tips Memilih Kosmetik yang Tepat dan Aman

26 Nov

Tips Memilih Kosmetik yang Tepat dan Aman,- Kosmetik merupakan perlengkapan wajib bagi sebagian besar wanita. Bahkan tidak jarang pula beberapa wanita selalu membawa kosmetik saat bepergian. Kosmetik bisa menunjang penampilan seseorang agar terlihat lebih cantik. Namun, tidak sedikit pula yang kurang menyadari dengan bahaya kosmetik yang dijual secara bebas.

Akhir-akhir ini banyak kosmetik yang mengandung zat-zat kimia berbahaya yang tidak baik utuk kulit dan berdamapk pada kesehatan si pengguna. Para pakar ahli menyarankan agar selalu menggunakan produk kosmetik yang bukan hanya ramah bagi kulit, tapi juga terhadap lingkungan. Maka dari itu, sebelum menggunakan kosmetik, sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih agar kosmetik yang digunakan aman.

tips memilih kosmetik yang tepat dan aman

Berikut ini kami akan bagikan tips memilih kosmetik yang tepat dan aman untuk Anda :

  • Pilihlah kosmetik yang memiliki label HALAL. Lebih diutamakan kosmetik yang memiliki sertifikat HALAL secara resmi dari LPPOM MUI.
  • Pastikan kosmetik yang Anda pilih berkode legal BPOM. Dengan demikian, brarti kosmetik tersebut sudah layak diedarkan dan digunakan.
  • Periksa tanggal kadaluarsa. Produk berkualitas biasanya memiliki tanggal kadaluarsa. Maka sebelum memutuskan untuk membelinya, periksalah terlebih dahulu tanggal kadaluarsanya.
  • Perhatikan kandungan pada kosmetik. Ketika ingin membeli kosmetik, sebaiknya periksa terlebih dahulu komposisi kandungan dari produk tersebut. Karena tidak sedikit produk kosmetik yang beredar dipasaran mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, phthalate, triclosan, atau asam sulfat. Hindari pembelian kosmetik yang tidak mencantumkan komposisi produk.
  • Pilihlah kosmetik yang berbahan alami. Cek terlebih dahulu produk yang akan Anda pilih, jangan samapi tertipu dengan trik pemasaran yang mengklaim produk tersebut terbuat dari bahan alami.
  • Hindari penggunaan produk yang menggunakan pewangi. Pewangi buatan atau fragrance umumnya mengandung banyak zat kimia berbahaya yang mudah terekspose oleh tubuh karena zat tersebut mampu meresap ke pori-pori dan masuk ke aliran darah.
  • Pastikan nama dan alamat produsen tercantum dalam kemasan. Hal ini tentu merupakan bentuk keterbukaan mereka terhadap konsumen. Naman dan alamat perusahaan yang tercantum berfungsi sebagai tindakan tanggungjawab dari produsen untuk menerima pertanyaan atau pengaduan secara khusus dari para konsumen.

Nah, setelah mengetahui beberapa tips memilih kosmetik yang tepat dan aman, kini Anda tidak perlu khawatir dan bingung lagi untuk menentukan produk kosmetik mana yang akan Anda pilih. Perhatikan berbagai hal yang telah disebutkan diatas agar kosmetik yang Anda pilih dan gunakan benar-benar tepat dan aman. Jangan lupa untuk menyesuaikan produk kosmetik yang akan digunakan dengan jenis kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *