Tips Memilih Kosmetik yang Aman Sesuai Anjuran BPOM

30 Nov

Tampil cantik memang menjadi keinginan setiap wanita. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik diri, mulai dari melakukan perawatan di salon, hingga menggunakan kosmetik. Ya, kosmetik menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki oleh wanita untuk menunjang penampilannya. Bahkan, tidak sedikit wanita yang rela mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk bisa membeli kosmetik.

tips-memilih-kosmetik-yang-aman-sesuai-anjuran-bpom

Pada sekarang ini, umumnya produk kosmetik bisa didapatkan dengan mudah di pasar online. Namun, sayangnya tidak semua wanita mampu memilih produk kosmetik yang aman dan legal. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memberikan tips memilihkosmetik yang aman, antara lain :

  • Kemasan

Sebelum memutuskan untuk membeli kosmetik, sebaiknya perhatikan setiap sudut kemasan dan kenali terlebih dahulu kemasan kosmetik dengan baik. Jangan Membeli kemasan atau sediaan yang rusak dan jelek dan teliti kemasan dan wadah, baik penampilan fisik seperti segel dan isinya. Produk yangmasih baik memiliki bentuk dan warna merata, stabil, dan ada tidak ada bercak kotoran.

  • Penandaan

pastikan penandaan atau labet tercantum jelas dan lengkap, meliputi nama produk, nomor kode produksi, nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi, nama dan negara produsen untuk kosmetika impor, netto, komposisi, tanggal kadaluwarsa, serta kegunaan dan cara penggunaan dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga : Tren Kecantikan yang Membahayakan Kesehatan

  • Komposisi

Kenalilah jenis kulit atau rambut Anda. Perhatikan komposisi bahan yang terdantum dalam kosmetika, hindari penggunaan kosmetik jika Anda meiliki riwayat alergi, iritasi, atau sensitifitas kulit terhadap salah satu bahan dalam komposisi kosmetik tersebut.

  • Kegunaan dan cara penggunaan

Pilihlah kosmetika yang sesuai kebutuhan dan bukan karena iklan semata. Baca terlebih dahulu kegunaan dan cara penggunaan yang tercantum pada label.

  • Kadaluwarsa

Ingat, perhatikan batas kadaluwarsa jangan sampai terlewat. Telitilah waktu kadaluwarsa sebelum memutuskan untuk membeli kosmetik.

Itulah 5 tips memilih kosmetik yang aman sesuai anjuran BPOM. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda untuk lebih hati-hati dalam memilih kosmetik dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *