Timbul Jerawat di Telinga ? Mungkin Ini Penyebabnya

6 Jun

Timbul Jerawat di Telinga ? Mungkin Ini Penyebabnya,- Jerawat bisa timbul di mana pun dan kapan pun. Hal ini tentu cukup menjengkelkan, terlebih lagi jika jerawat timbul di bagian tubuh yang terlihat, seperti wajah. Walaupun begitu, jerawat juga bisa timbul di bagian tubuh yang tidak biasa, salah satunya yaitu telinga.

Apakah Anda pernah mengalami jerawat timbul di telinga ? Jerawat di telinga memang bukan hal yang umum. Selain timbul di bagian sekitar daun telinga, ternyata jerawat juga bisa timbul di bagian dalam telinga. Lalu, apa penyebab timbulnya jerawat di telinga ?

Jika diteliti kembali, timbulnya jerawat di kulit area sekitar telinga kemungkinan besar terjadi karena adanya penumpukan kelenjar minyak dan sel kulit mati. Kulit telinga luar meliputi tulang rawan dan sejumlah kecil minyak.

Kulit lubang telinga memiliki sel-sel rambut serta kelenjar yang menghasilkan minyak dan kotoran telinga. Kelenjar yang menghasilkan terlalu banyak minyak inilah yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di telinga. Jerawat di telinga juga bisa timbul ketika sel-sel kulit mati atau bakteri timbul pada pori-pori kulit telinga.

Kemunculan bakteri di telinga ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya seperti :

  • Penggunaan headset. Kepala headset yang tidak pernah dibersihkan sangat berpotensi membawa bakteri ke telinga. Makan tak heran jika bisa menyumbat potri-pori dan membuat terjadinya peradangan pada telinga.
  • Menggaruk telinga dengan tangan atau benda yang kotor, sehingga bakteri masuk ke dalam telinga.
  • Kebersihan rambut dapat memengaruhi pertumbuhan jerawat di telinga. Jika rambut panjang dan kotor, ini sangat memungkinkan untuk membawa bakteri menempel pada telinga.
  • Kebersihan helm. Penggunaan helm akan meningkatkan kelembaban di sekitar telinga. Lingkungan yang lembab adalah lingkungan yang ideal untuk mendukung pertumbuhan bakteri. Ketika bakteri ini akhirnya masuk ke dalam pori-pori di telinga, maka jerawat pun akan timbul.
  • Anting atau tindik yang kotor juga akan menimbulkan bakteri sehingga memicu terjadinya jerawat di sekitar telinga.

Selain itu, jerawat di telinga juga bisa disebabkan oleh hal lain, yaitu ketidakseimbangan hormon, stres, atau reaksi alergi terhadap kosmetik, kain, ataupun produk perawatan rambut.

Usahakan untuk tidak memencet jerawat, karena hal ini akan meninggalkan bekas dan memperburuk kondisi jerawat. Selain itu, memencet jerawat juga akan menimbulkan bakteri dan nanah dalam pori-pori, yang akhirnya menyebabkan daerah tersebut mengalami iritasi dan meradang.

Pada beberapa orang, penggunaan obat jerawat di telinga mungkin dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi, kulit terbakar, atau kemerahan. Segera konsultasikan pada dokter jika Anda memiliki efek samping tersebut agar jerawat tidak timbul kembali.

Anda juga bisa melakukan pencegahan seperti menjaga wajah, leher, dan telinga dari kelebihan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Jangan lupa juga untuk membersihkan earbuds atau headset bagi yang sering menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *