Tanpa Disadari Hal Ini Sebabkan Jerawat di Kepala

17 Mar

obatjerawatcina.com,- Salah satu masalah kulit yang sering timbul, yaitu jerawat bisa tumbul di bagian tubuh mana saja, mulai dari wajah, dagu, punggung, hingga kepala. Sebenarnya jerawat bisa dihindari dan dicegah dengan mudah, asalkan kita tahu apa saja yang menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat. Makanan, kebrsihan, lingkungan, dan hormon dalam tubuh berkontribusi langsung terhadap timbulnya jerawat di kulit.

Selain itu, juga terdapat beberapa penyebab jerawat lain yang jarang diketahui dan bahkan sering dilakukan. Menurut penelitian beberapa hal kulit, kebiasaan sehari-hari ketika beraktifitas di rumah ataupun di kantor berhubungan langsung dengan timbulnya jerawat. Dan kebanyakan dari kita tidak mengetahui dan menyadari aktivitas tersebut dapar memicu timbulnya jerawat.

Tanpa Disadari Hal Ini Sebabkan Jerawat di Kepala

Untuk mencegah dan mengatasi jerawat di kepala, menjaga kebersihan saja tidak cukup. Karena pemilihan shampo yang salah serta keliru dalam mengaplikasikan konditioner bisa menjadi penyebab utam timbulnya jerawat di kepala.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui dan menghindari apa saja faktor penyebab yang bisa memicu jerawat di kulit kepala. Berikut ini beberapa hal yang tanpa disadari bisa memicu jerawat di kepala :

Mengonsumsi makanan manis

Mungkin telah banyak yang mengetahui jika mengonsumsi makanan manis secara berlebihan bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya bisa memicu penyakit diabetes, mengonsumsi gula berlebih juga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Hasilnya, jerawat bisa timbul di mana saja. Tidak hanya di wajah dan punggung, tetapi juga di kulit kepala.

Terlalu sering menggunakan topi atau helm

Bagi Anda yang suka menggunakan topi, sebaiknya hati-hati. Karena kebiasaan ini bisa menyebabkan jerawat di kulit kepala. Kulit kepala yang tertutup terlalu lama bisa berkeringat sehingga membuatnya semakin lembab. Hasilnya, bakteri dan kotoran yang tercampur bisa menyumbat pori-pori kulit kepala dan jerawat bisa timbul.

Untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit kepala, Anda bisa mengurangi pemakaian topi atau helm. Anda bisa menggunakan topi ketika di bawah sinar matahari saja. Jangan lupa pula untuk selalu mencucui helm dan topi agar tetap terjaga kebersihannya.

Kualitas tidur yang buruk

Kebiasaan tidur larut matam dan tidak memiliki waktu tidur yang cukup tanpa disadari bisa memicu jerawat. Kondisi tubuh yang tidak fit menyebabkan kulit tidak mampu meregenerasi dengan sempurna. Hasilnya, jerawat bisa timbul. Jika Anda tidak ingin jerawat timbul di kulit kepala, maka mulia dari sekarang perbaiki kualitas tidur Anda.

Malas keramas atau salah memilih shampoo

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan malas mencuci rambut ? Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Idealnya, mencuci rambut dilakukan 2 hari sekali ataupun setiap hari jika aktivitas padat. Aktivitas yang padat, terlebih lagi jika dilakukan di luar ruangan bisa memicu kelenjar minyak bekerja ekstra dan akan menghasilkan minyak serta keringat. Jika dibiarkan, maka minyak ini bisa menyumbat pori-pori yang ada di kulit kepala.

Maka dari itu, mulai dari sekarang biasakan untuk mencuci rambut secara teratur. Selain itu, gunakan juga shampoo yang ramah dengan kondsii rambut dan kulit kepala Anda. Hindari menggunakan shampoo yang bisa menimbulkan ketombe. Karena menumpuknya sel kulit mati di area kepala bisa menyebabkan jerawat.

Tidak membilas shampoo dan konditioner dengan bersih

Shampoo dan konditioner memang diperlukan untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Namun, penggunaannya juga bisa menjadi bumerang tersendiri. Pasalnya, kurang bersih dalam membilas shampoo dan konditioner bisa menyebabkan kotoran serta zat kimia terjebak di dalam pori-pori kulit kepala yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Keringat berlebih

Keringat merupakan salah satu biang jerawat. Terlalu banyak berkeringat bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Maka dari itu, jangan abaikan keringat yang timbul berlebihan. Seka area yang berkeringat secara berkala, ini merupakan cara sederhana untuk menjaga kebersihan diri agar jerawat tidak timbul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *