Sering Konsumsi Makanan Berempah Bikin Jerawat Makin Parah

22 Feb

Sering Konsumsi Makanan Berempah Bikin Jerawat Makin Parah,- Kehadiran jerawat dikulit wajah memang membuat penderitanya merasa jengkel. Beragam cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang timbul, mulai dari menggunakan krim antijerawat yang dijual bebas, obat jerawat alami, hingga melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Tidak sedikit orang yang mempercayai bahwa mengonsumsi makanan pedas menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Namun, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa bukan hanya makanan pedas atau cabai saja yang dapat memperparah kondisi jerawat, melainkan juga makanan berempah atau makanan yang mengandung banyak bumbu.

Studi yang dipaparkan dalam Indian Journal of Dermatolgy, Venereology and Leprology menyebutkan, pola diet makanan berempah yang tidak terkendali dapat mempengaruhi kondisi jerawat. Penelitian serupa di Jerman yang terbit dalam Dermatolgica, juga menyebutkan zat-zat dalam rempah-rempah bisa mempengaruhi kondisi jerawat.

Walaupun menurut studi dari Yordania yang terbit dalam Eastern Mediterranean Health Journal menyebutkan hal tersebut adalah sebuah kerpercayaan saja, tetapi rempah-rempah memang berkontribusi memperburuk kondisi jerawat karena tidak memiliki nutrisi seperti dalam buah dan sayur yang cukup untuk memperbaiki kondisi jerawat.

Artikel Terkait :

Seorang guru makrobiotik terkemuka, Aveline Kushi, menyatakan dalam bukunya yang berjudul ‘Diet for Natural Beauty’, berkembangnya jerawat berasal dari pola diet secara keseluruhan dan bukan dari salah satu jenis makanan tertentu. Michio Kushi, salah satu guru makrobiotik pertama di Amerika dan penulis dari Book of Macrobiotics juga menuliskan bahwa orang-orang yang mengalami masalah kulit banyak terjadi akibat rempah-rempah.

“Alergi makanan sangat individual dan setiap orang memiliki aturan diet yang berbeda. Jika Anda yakin kondisi jerawat yang semakin parah akibat makanan berempah, coba hentikan makanan tersebut selama dua minggu dan lihat apakah kondisi kulit akan membaik,” ujar Ahli Kosmetik, Georgette Klinger menyarankan dikutip dari situs Live Strong, Kamis (9/2/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *