Ramuan Alami Penghilang Jerawat Sesuai Jenis Kulit

21 Feb

Ramuan Alami Penghilang Jerawat Sesuai Jenis Kulit,- Untuk mengobati masalah kulit jerawat, biasanya sebagian orang akan menggunakan produk perawatan kulit yang dijual secara bebas. Namun, tidak sedikit pula yang juga sering mencoba pengobatan jerawat dengan memanfaatkan ramuan bahan-bahan alami.

Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam mengobati jerawat. Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki. Dengan begitu, Anda bisa menentukan pengobatan mana yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Ada beberapa cara pengobatan jerawat sesuai dengan jenis kulit yang berbeda dengan menggunakan ramuan alami. Karena tidak menggunakan bahan kimia apapun, pengobatan jerawat ini relatif lebih aman pada kulit. Berikut ini merupakan ramuan alami penghilang jerawat sesuai jenis kulit yang perlu diketahui :

  • Kulit normal

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal, Anda bisa memanfaatkan masker yang mengadnung bubuk kayu manis, bubuk pala, dan madu untuk mengatasi jerawat. Gunakan campuran ini pada area yang berjerawar 1 minggu sekali secara rutin.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis yang mengandung alkali sehingga dapat mengobati jerawat pada kulit normal. Peraslah beberapa buah jeruk nipis kemudian campurkan dengan air dingin dan oleskan pada daerah yang berjerawat.

  • Kulit berminyak

Pada kulit berminyak, Anda harus mengurangi produksi minyak alami yang berlebih pada kulit agar bisa mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan menggunakan baking soda. Encerkan sedikit baking soda dengan air, kemudian oleskan pada jerawat.

Kulit berminyak juga memerlukan masker yang dapat menghilangakn minyak berlebih dengan menggunakan putih telur. Sebaiknya tidak mengocok putih telur, tapi gunakan sendok untuk mengaduknya. Oleskan secara tipis- pada daerah yang berjerawat dan tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air dingin.

  • Kulit kering

Jika jerawat timbul pada kulit kering, Anda memerlukan pelembab alami seperti misalnya buttermilk yang mengandung asam laktat untuk mengatasinya. Bahan ini bisa memperbaiki sel jerawat yang rusak dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencuci kulit dengan buttermilk 3 kali sehari secara rutin.

Selain buttermilk, Anda juga bisa menggunakan madu organik sebagai obat jerawat pada kulit kering. Gunakan setetes madu dan oleskan hanya pada bagian ujung jerawat. Jika daerah yang berjerawat cuku besar, oleskan madu dengan gerakan memijat lembut pada daerah tersebut.

  • Kulit sensitif

Untuk mengobati jerawat pada kulit sensitif, Anda harus berhati-hati ketika memilih bahan-bahan alami yang akan digunakna karena kulit bisa bereaksi dengan mudah. Jerawat pada kulit sensitif dapat menyebabkan kulit terasa panas menyengat. Anda bisa menenangkan kulit dengan kayu cendana. Campurkan bubuk kayu cendana dengan air menjadi pasta halus, kemudian oleskan pada area yang berjerawat dan biarkan kering secara alami. Ulangi perawatan ini sampai 3 kali sehari.

Selain kayu cendana, pengobatan jerawat pada kulit sensitif juga bisa menggunakan irisan pepaya. Anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu sebelum digunakan pada jerawat. Ketika mengoleskannya, pastikan perasan pepaya terserap ke dalam kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *