Perawatan Bekas Jerawat Yang Berlubang

12 May

perawatan bekas jerawat yang berlubangJerawat memang sangat mengganggu penampilan dari  penderitanya dan sering datang kapanpun dan pada  siapapun. Ketika seseorang berusaha menghilangkan  jerawat ternyata masalah belum selesai, jerawat sering  meninggalkan bekas berupa flek dan lubang pada kulit.  Apalagi jika penderita memiliki kebasaan sering  memencet jerawat.

Noda bekas jerawat yang berbentuk flek pada  umumnya akan lebih mudah untuk dihilangkan,  namun berbeda lagi jika bekas jerawat membentuk  lubang-lubang kecil akan lebih sulit untuk dihilangkan.  Walaupun lebih sulit untuk dihilangkan, tapi bekas  jerawat tersebut masih bisa untuk diatasi dan  dihilangkan.

Penyebab Timbulnya Bekas Jerawat Berlubang

Pemakaian produk-produk tertentu yang digunakan  untuk mengobati jerawat yang berlebihan juga dapat  menyebabkan kondisi jerawat semakin memburuk,  peradangan berlanjut, terbentuknya cekungan di  wajah, lemak menjalar dibagian bawah lapisan kulit,  dan sebagainya. Kondisi jerawat yang semakin parah  akan menyebabkan kemungkinan terbentuknya bekas  jerawat yang sulit untuk dihilangkan, bahkan bisa  terbentuk lubang-lubang yang permanen di kulit.

Sebenarnya, masalah lubang di wajah yang  diakibatkan oleh jerawat lebih disebabkan sebagai  akibat dari tindakan pemijatan yang dilakukan bukan  oleh aklinya. Oleh para ahli, kemungkinan jerawat  tidak akan langsung begitu saja di tekan dengan tangan  untuk mengeluarkannya, hal ini tergantung pada  kondisi jerawat itu sendiri. Untuk jerawat yang di  dalam, mungkin akan dilakukan penusukan terlebih  dahulu untuk membukakan jalan keluar lemak  jerawat, selanjutnya akan dilakukan pemijatan baik  dengan menggunakan tangan ataupun denan sendok  una.

perawatan bekas jerawat yang berlubang1
Lalu bagaimana cara mengatasi bekas jerawat yang  berlubang di kulit wajah ? Jika Anda terlanjur memiliki  bekas jerawat yang berlubang, Anda bisa  menghilangkan bekas jerawat tersebut dengan  menggunakan bahan alami seperti berikut :

Daun Kapuk Randu

Ambil beberapa lembar daun kapuk randu dan  kemudian cuci hingga bersih. Bersihkan atau kompres  daerah wajah yang berlubang dengan menggunakan  air hangat dan sabun antiseptik. Gosokkan daun  tersebut didaerah yang kulit yang berlubang, ulangi  beberapa kali dan lakukan 2 kali sehari. Selain dengan  cara digosokkan, cara menggunaka daunkapuk randu  juga bisa dengan cara ditumbuk atau diblender,  kemudian olekan pada daerah kulit yang bearlubang.  Hentikan pemakaian bila Anda merasa gatal dikulit.

Kayu Manis

Kayu manis yang biasa digunakan adalah kayu manis  yang sudah berbentuk serbuk. Campurkan serbuk  kayu manis dengan madu, kemudian oleskan  campuran tersebut pada bekas jerawat yang  berlubang. Lakukan secara teratur sebelum tidur, dan  dapat dibersihkan keesokan harinya.

Teh Basi

Ambil teh basi atau yang sudah terpakai, atau bila  menggunakan teh celup, buka kemasannya hingga  bagian daun terlihat. Gosokkan teh pada daerah kulit  yang memiliki bekas jerawat. Lakukan seperti sedang  melulur bagian tubuh, kemudian diamkan kira-kira  10-15 menit. Lakukan hal ini secara rutin, minimal dua  kali dalam seminggu.

Masker Tomat dan Ketimun

Kombinasi dari kedua bahan ini diyakini sangat efektif  dalam menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, masker  kombinasi tomat dan mentimun ini juga dapat  mengencangkan pori-pori kulit, sehingga kulit tampak  lebih menarik dan segar.

Buah Pare

Tumbuh pare dan ambil airnya. Campurkan air pare  tersebut dengan tepung beras hingga terbentuk seperti  krim. Basuh dan bersihkan bagian kulit yang  berlubang, kemudian oleskan krim secara teratur.  Selain dapat menghilangkan bekas jerawat, krim ini  juga dapat memutihkan wajah atau tubuh.

Putih Telur

Pisahkan putih telur dan tambahkan madu. Aduk  hingga merata kemudian oleskan pada bagian wajah  yang berlubang secara rutin dan teratur. Putih telur  juga bisa menghilangkan flek hitam diwajah.

Madu

Madu merupakan salah satu pelembaba alami yang  dapat membantu mengatasi bekas jerawat yang  berlubang. Madu bisa digunakan sebagai masker atau  dikonsumsi secara langsung. Ambil madu secukupnya,  kemudian panaskan hingga mendidih. Diamkan hingga  menjadi suam-suam kuku, kemudian oleskan pada  kulit selama kurang lebih 2 jam. Lakukan hal ini setiap  malam sebelum tidur.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat melembabkan, sehingga  bisa melembutkan tekstur kulit dan menyamarkan  bekas jerawat. Cara menggunakannya yaitu dengan  memijatkan minyak zaitu ke daerah kulit yang  terinfeksi.

Beras

Rendam beras selama 15 menit, kemudian angkat dan  tumbuk hingga halus. Tumbuk beberapa buah kencur  sampai halus dan campurkan dengan beras yang telah  ditumbuk. Campurkan hingga merata dan oleskan  pada daerah bekas jerawat setiap hari selama 2  minggu.

Bawang Merah atau Bawang Putih

Parut 1 siung bawang merah dan kemudian tempelkan  pada bekas jerawat. Atau Anda juga bisa menggunaka  bawang putih untuk mengatasi bekas jerawat. Anda  bisa mengonsumsi langsung bawang putih atau bisa  menggosokkannya pada bekas jerawat yang terinfeksi.  Cara ini diyakini bermanfaat untuk menghilangkan  bekas jerawat yang mengganggu.

Pasta Gigi

Pasta gigi dengan kandungan pemutih dapat  menghilangkan bekas jerawat. Cara menggunakannya  cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan pasta gigi  pada bekas jerawat. Diamkan selama 15-30 menit  kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal  ini secara rutin dan teratur.

Jus Lemon atau Limau Segar

Oleskan jus lemon secara langsung ke area kulit yang  memiliki bekas jerawat dengan menggunakan kapas,  Diamkan beberapa saat hingga meresap, kemduian  bersihkan dengan air. Lemon berguna untuk  menyamarkan bekas jerawta yang berwarna  kehitaman.

perawatan bekas jerawat yang berlubang2Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami  tersebut, Anda juga bisa mengatasi jerawat berlubang  dengan menggunakan beberapa terapi yang dapat  meminimalkan lubang bekas jerawat agar tampak  lebih baik serta mencegah terbentuknya bekas jerawat  yang baru. Berikut beberapa cara untuk mengatasi  bekas jerawat yang berlubang :

Peeling

Peeling bisa digunakan untuk membantu  menghilangkan lubang bekas jerawat. Caranya hampir  sama dnegan peeling pada umumnya, yaitu wajah  diolesi dengan bahan kimia tertentu. Namun, efek  samping dari peeling ini dapat membuat kulit  terkelupas sehingga mengikis permukaan kulit yang  tidak merata karena lubang tadi. Metode ini  membutuhkan waktu yang lama, harus dilakukan  berulang kali, dan memiliki resiko terjadinya penipisan  kulit jika dilakukan terlalu sering.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi yaitu kira-kira pengampelasan kulit  dalam ukuran yang sangat kecil. Ini merupaakn teknik  mekanik menggunakan alat tertentu yang disebut  dnegan mikrodermabrator yang digosokkan ke kulit  wajah. Mikrodermabrator memiliki bagian tip  (aplikator) yang dipalisi dengan berlian. Bagian inilah  yang digosokkan pada kulit wajah, sehingga kulit  wajah menjadi halus dan mengirangi lubang- lubangnya. Cara ini juga harus dilakukan secara  berulang, namun cara ini lebih aman jika  dibandingkan dengan peeling.

Dermaroller

Dermaroller merupakan kombinasi perawatan  mekanik dan kimia. Alat yang digunakan berupa  bagian semcam roda (roller) yang memiliki jarum- jarum kecil. Prinsip penggunaan dermaroller madalah  melubangi kulit dengan ukuran kedalaman tertentu  (mencapai lapisan dermis) agar bahan krim perawatan  bisa langsung masuk ke lapisan dermis sehingga  mempercepat pembentukan dan pertumbuhan lapisan  kulit baru. Cara ini lebih efektif dan dengan biasa yang  masih terjangkau.

Jika masalah kulit sudah berlanjut ke tahap yang lebih  parah, maka perlu perawatan lebih lanjut yang  tergolong kedalam kelas berat baik cara mapun  biayanya. Berikut merupakan cara untuk mengatasi  masalah kulit yang lebih parah :

Subsisi

Dasar teknik dari subsisi (subcision) merupkan  merusak atau memutuskan jaringan parut yang  menarik kulit, sehingga menyebabkan kulit berlubang  atau tidak merata. Caranya yaitu dengan  memasukkan jarum yang agak besar, kemudian  bagian bawah kulit seperti di cacah untuk melepaskan  ikatan jaringan parut. Langkah perawatan ini hanya  boleh dilakukan oleh tenaga medis profesional.

Cross TCA (Triclora Acid)

Dalam perawatan ini menggunakan bahan kimia asam  triklora cair dengan konsentrasi 50 hingga 100%. TCA  tersebut diteteskan pada kulit yang berlubang. Hal ini  berfungsi untuk merusak jaringan kulit lokal untuk  merangsang pembentukan kolagen baru, agar kulit  yang masuk ke dalam bisa terangkat sehingga bisa  mulus kembali.

Fractional CO2 Laser

Fractional Laser CO2 bekerja dengan cara melubangi  kulit hingga ke lapisan dermis dengan menggunakan  sinar laser. Lubang yang terbentuk berukuran  mikroskopis, jauh lebih kecil dibandingkan dengan  teknologi dermaroller. Efek panas dari laser tersebut  akan membuat luka kecil dibagian dermis kulit  sehingga merangsang pembentukan kolagen dan  regenerasi sel-sel kulit wajah. Hasilnya akan terlihat  sekitar 3 bulan kemudian kulit akan nampak lebih  halus dna kenyal. Namun, meskipun perawatan ini  sudah tersedia diklikin kecantikan di Indonesia, namun  memerlukan biaya yang cukup mahal. Sehingga untuk  melakukan perawatan ini kita harus memiliki biaya  yang cukup.

Itulah beberapa cara perawatan untuk mengatasi  bekas jerawat yang berlubang, mulai dari yang alami  hingga dengan menggunakan bantuan medis. Anda  bisa memilih cara yang bisa dilakukan dan cocok untuk  Anda dan kulit Anda. Semoga informasi diatas bisa  bermanfaat dan membantu Anda yang sedang mencari  cara untuk mengatasi bekas jerawat yang berlubang.  Selamat mencoba dan semoga berhasil.

mengenal jerawat nasi

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *