Penyebab Timbulnya Jerawat Di Masa Dewasa

6 May

Biasanya jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh remaja. Namun, menurut survei, ternyata jerawat juga bisa terjadi pada usia dewasa.

Berdasarkan survei yangd ilakukan oleh Massachusetts General Hospital, jerawat yang beru muncul ketika usia dewasa bukanlah halyang aneh. Survei ini menunjukkan bahwa sebanyak 45% perempuan mengalaminya di suia 21-30 tahun, 26% di usia 31-40 tahun, dan 12% di usia 41-50 tahun.

Penyebab Timbulnya Jerawat Di Masa Dewasa

Lalu apa yang menyebabkan jerawat timbul di usia dewasa ? Berikut penjelasannya :

  • Hormon

Salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat di usia dewasa adalah hormon androgen yang meningkat pada wanita dewasa. Seiring dengan bertambahnya usia perempuan, maka kadar androgen (hormon yang ada pada laki-laki ataupun perempuan) meningkat.

Schlosser menjelaskan bahwa jerawat yang disebabkan oleh pengaruh hormon dapat diatasi dengan mengonsumsi obat hormon seperti PIL KB dan spirocolactone. Namun, mengonsumsi obat tersebut diperlukan pengawasan dokter. Sedangkan, obat jearawat yang digunakan oleh remaja umumnya tidak bisa digunakan oleh orang dewasa. Maka dari itu, padar dokter menyarankan untuk menggunakan pembersih yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. Untuk penggunaannya, jangan di gosok lebih dari 2-3 kali dalam seminggu.

  • Stress

Terlalu tertekan karena masalah pekerjaan atau keluarga juga dapat berdampak pada timbulnya jerawat. Stress dapat membuat hormon menjadi tidak seimbang karena meningkatnya androgen dalam darah dan menekan sistem imun. Sistem imun yang rendah tersebut tidak kuat melawan bakteri, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat.

  • Perawatan Kulit dan Make Up

Make up dan produk perawatan kulit juga termasuk ke dalam salah satu faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat dengan menyumbat pori-pori. Tergantung pada produk apa yang digunakan, Anda mungkin akan menemukan diri Anda mendapatkan jerawat periodik. Sangat penting untuk mendokumentasikan apa yang Anda lihat pada kulit Anda ketika Anda mencoba produk baru. Selanjutnya menyelidiki daftar bahan dibagian belakang dan bagaimana kulit bereaksi setelah satu atau dua minggu menggunakannya.

  • Sering Peeling di Rumah

Membeli produk peeling untukdi gunakan di rumah memang dapat membantu wajah menjadi tampak lebih mulus. Namun, penggunaan yang berlebihan dan kurang tepat dapat membuat kulit menjadi berjerawat bahkan dermatitis. Oleh karena itu, Anda disarankan agar melakukan peeling di klinik kecantikan terpercaya.

  • Cuci Wajah Terlalu Keras

Cara mencuci wajah juga bisa menyebabkan kulit berjerawat. Mencuci atau menggosok wajah yang terlalu keras dapat mengganggu tingkat PH sehingga bakteri lebih mudah masuk ke dalam kulit.

  • Tidak Lancar BAB

Menurut seorang facialist spesialitasi perawatan jerawat dan holistik, Nataliya Robinson menyebutkan bahwa salah satu penyebab masalah kulit berjerawat adalah tidak rutin buang air besar. Mereka yang kurang mengonsumsi serat cenderung memiliki tumpukan racun yang berimbas pada kompleksi wajah. Menurutnya buang air besar yang lancar merupakan salah satu kunci kecantikan wajah untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

  • Terlalu Banyak Dalam Ruangan

Orang yang bekerja di kantodan terkadang jarang terpapar oleh sinar matahari. Hal tersebut membuat mereka kekurangan vitamin D yang bisa membantu membersihkan kulit dan melawan jerawat. Maka dari itu, cobalah untuk keluar dari tempat kerja selama 10-15 menit pada jam istirahat. Nataliya juga menyarankan agar Anda menghindari duduk dengan AC serta mengonsumsi suplemen vitamin D sesuai dengan saran dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *