Penyebab Jerawat Sering Muncul di Tempat yang Sama

6 Apr

Penyebab Jerawat Sering Muncul di Tempat yang Sama,- Setiap orang pasti pernah mengalami masalah pada kulit. Salah satu masalah yang sering timbul yaitu jerawat. Jerawat biasanya timbul di kulit wajah, seperti dahi, hidung, atau pipi. Namun, selain itu, jerawat juga bisa timbul dibagian tubuh lainnya, seperti punggung.

Disadari atau tidak, jerawat sering kali timbul di tempat yang sama. Sebenarnya apa yang menyebabkan jerawat selalu timbul di tempat yang sama ? Menurut Zeichner, terdapat beberapa penyebab jerawat sering muncul di tempat yang sama, seperti diantaranya :

Kebiasaan memegang wajah

Jerawat bisa jadi disebabkan karena ketidakbersihan pada area wajah. Hal ini bisa disebabkan salah satunya karena kebiasaan tangan yang sering memegang area wajah. Misalnya pada saat stress atau saat membaca sesuatu. Dan biasanya orang akan menyentuh pada area wajah yang sama.

Menyentuh wajah berulang kali diarea yang sama bisa mendorong kotoran dan minyak masuk ke dalam pori-pori kulit yang nantinya dapat menimbulkan jerawat.

Memencet jerawat

Jika sebelumnya Anda pernah memencet jerawat, maka hal ini bisa menyebabkan jerawat tidak sepenuhnya hilang. Hal tersebut membuat jerawat kembali meradang. Mungkin itu tampak seperti jerawat yang sama, tetapi sebenarnya tidak.

Menstruasi

Penyebab jerawat sering muncul di tempat yang sama terakhir yaitu akibat menstruasi. Tidak sedikit jerawat timbul pada wanita menjelang menstruasi. Paling banyak, jerawat akan timbul disekitar hidung ke bawah. “Saya tidak tahu persis mengapa hal tersebut terjadi, namun mungkin karena kelenjar minyak di bagian bawah wajah lebih sensitif terhadap perubahan hormon,” papar Zeichner.

Untuk mengatasi jerawat yang timbul, Anda bisa melakukan perawatan dan penyembuhan secara eksternal. Selain itu, ada beberapa pilihan lain yang berhubungan dengan perubahan dalam rutinitas. Anda bisa mulai untukmelakukan yoga dan meditasi untuk melepaskan energi negatif dalam tubuh sehingga tidak mudah stress. Anda juga bisa melakukan detoks secara alami dengan rajin minum air mineral dan mengonsumsi makanan serta minuman sehat berbasis nabati.

Untuk makanan, Anda bisa menambahkan kunyit dan menu diet yang bisa menambah zat besi dan anti peradangan. Lidah buaya dan madu juga bisa menjadi pilihan lain untuk dikonsumsi maupun dimanfaatkan sebagai obat jerawat eksternal. Untuk pengobatan topikal, pilihlah bahan-bahan yang bersifat antibakteri dan anti inflamasi yang tidak merusak kulit, seperti tea tree, neem oil, atau cengkeh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *