Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo Putih Di Wajah

3 Sep

Selain jerawat, komedo juga merupakan salah satu masalah kulit yang dapat mengganggu, terlebnih lagi kalau komedo tersebut timbu di wajah. Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka ataupun tertutup. Tapi, yang akan kita bahas lebih lanjut pada artikel ini yaitu mengenai komedo tertutup atau komedo putih.

Komedo Putih atau Komedo Tertutup (Whitehead)

penyebab dan cara mengatasi komedo putih

Komedo putih atau komedo tertutup (whitehead) merupakan bentuk ringan dari jerawat yang terlihat seperti benjolan kecil berwarna putih di kulit. Komedo ini mirip dengan blackhead (komedo yang terbuka / komedo hitam), yang disebabkan oleh bertambahnya minyak, sel kulit mati, dan bakteri di dalam pori-pori, serta paling sering terjadi pada kulit yang berminyak didaerah hidung, dahi, dagu, dan pipi.

Sebenarnya cara mengatasi komedo putih itu tidak sulit dan dapat dilakukan secara alami di rumah. Tapi, sebelum Anda mengetahui cara mengatasi komedo, alangkah baiknya Anda juga mengetahui cara mencegahnya. Berikut cara mencegah komedo :

  • Cuci muka 3 kali sehari dengan menggunakan sabun pH balance
  • Kurang makanan yang mengandung klaori, lemak, serta makanan pedas
  • Perhatikan pemggunaan kosmetik, usahakan untuk mengurangi bedak padat dan foundation (alas bedak)

untuk mengatasi komedo putih, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan di lingkungan sekitar rumah, diantaranya seperti berikut :

  • Telur

Anda bisa menggunakan putih telur untukmengtasi komedo putih. Caranya adalah dengan mengoleskan putih telur pada daerah yang terdapat komedi. Kemudian diamkan selama 10-15 menit atau sampai mengering dengan sendirinya. Setelah itu, bersihakn wajah dengan menggunakan air.

  • Lidah Buaya

Siapkan lidah buaya, kemudian potong menjadi beberapa bagian dan gosokkan irisan lidah buaya tersbeut pada wajah yang berkomedo. Diamkan sekitar 10-15 menit, kemudian bersihkandengan air bersih.

  • Lemon

Sebelum menggunakan lemo, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Setelah bersih, ambil 1 buah lemon kemudian potong menjadi beberapa bagian dan gosokkan ke daerah kulit yang berkomedo selama 3-4 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin.

  • Madu

Siapkan bebera sendok madu, kemudian hangatkan madu tersebut dan diamkan hingga madu hangat. Oleskan madu tersbeut pada wajah yang berkomedo dan kemudian bilas dnegan menggunakan air.

  • Uap Air Panas

Caranya adalah siapkan air panas pada wadah, kemudian posisikan wajah tepat diatas wadah agar terkena uap air panas tersebut. Uapi wajah selama 2-3 menit sambil dilakukan pemijatan pada area wajah yang berkomedo. Setelah itu, Anda bisa membersihkan wajah dengan handuk dan air bersih.

penyebab dan cara mengatasi komedo putih

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *