Pentingnya Minyak Esensial untuk Kulit Berjerawat

23 Dec

Kulit yang berjerawat membutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra. Jika terus dibiarkan, maka jerawat yang timbul akan semakin meradang dan jika hilangpun akan meninggalkan noda bekas pada kulit. Jika obat jerawat yang selama ini Anda gunakan tidak memberikan hasil yang maksimal, kini Anda bisa menggunakan minyak esensial sebagai solusi lain untuk mengatasi jerawat yang timbul.

Pentingnya Minyak Esensial Untuk Kulit Berjerawat

Selain bisa melembabkan kulit, minyak esensial ini juga bisa membantu mengatasi jerawat. Ada banyak jenis minyak esensial yang bisa membantu Anda untuk mengatasi jerawat, diantaranya yaitu :

  • Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Tea tree oil memiliki kandungan antiviral, antiseptik, antifungal, dan antibiotik yang menenangkan yang dapat membantu melawan masalah jerawat. Selain itu, tea tree oil juga bisa menenangkan kulit. Menurut Bank, tea tree oil dapat mengurangi rasa gatak dan iritasi pada kulit. Anda bisa menggunakan minyak ini tanpa takut kulit Anda menjadi kering. Anda bisa menggunakan tea tree oil ini secara langsung pada area atau titik yang berjerawat. Setetes tea tree oil akan meresap kedalam kulit, mengurangi kelebihan sebum, membunuh bajteri penyebab jerawat, dan mengeluarkan komedo.

  • Minyak Lavender

Minyak esensial lavender memiliki efek menenangkan dan aroma yang lembut. Keunggulannya adalah bisa menenangkan saraf yang tegang di wajaha kibat jerawat dan menstabilkan fluktuasi hormon. Minyak esensial lavender memberikan manfaat ganda, yaitu bertindak sebagai pengobatanantibakteri untuk jerawat serta sebagai parfum alami. Lavender juga bekerja untuk menyembuhkan jaringan parut akibat jerawat juga menyamarkan bekas jerawat dari waktu ke waktu. Gunakan minyak esensial lavender untuk mengobati jerawat dengan mencampurkan satu tetes minyak lavender ke dalam pelembab Anda. Pijat kulit secaraperlahan ketika memakainya agar penyerapannya bisa lebih maksimal.

  • Minyak Oregano

Minyak esensial ini merupakan salah satu minyak yang paling ampuh dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Minyakoregano mengandung carvacrol dan thymol antimikroba yang mudah menguap. Minyak ini juga mengandung banyak antioksidan dan vitamin. Oregano sangat membantu untuk mendisinfeksi kulit. Gunakan minyak ini dneganmencampur 2 tetes minyak oregano dengan 10 tetes minyak jojoba dan menerapkannya pada derah yang berjerwat.

  • Minyak Geranium

MInyak geranium diekstrak dari daun pelargonium odorantissimum, tanaman geranium. Memiliki aroma bunga feminin yang dalam dan berwarna hijau. Dalamperawatan kulit dan kecantikan dunia, geranium dipuji sebagai minyak super yang memilikiefek antipenuaan yang bisa membuat kulit jadi lebih muda. Minyak geranium sebenarnya kaya kaan senyawa antibakteri dan antimikroba yangd apat melawan dan mencegah jerawat. MInyak geranium juga dapat menyeimbangkan hormon secara alami, dapat membany mencegah jerawat yang disebabkan oleh perubahan hormon dan ketidakseimbangan. Campurkan 2 tetes minyak esensial geranium dneganminyak ringan seperti minyak jojoba dan pijatkan pada area wajah setiap pagi dan sore.

  • Minyak Jojoba

Mnyak jojoba merupakan antioksidan yang sangat baik. Minyak jojoba murni dapat digunakn dengan dipijatkan secara langsung pada kulit. Ini dapat membantu untuk membuka pori-pori, sehingga dapat menghilangkan kotoran dari kulit. Seiirng dengan menghilangkan jerawat, minyak jojoba juga dapat melembabkan kulit. Minyak jojoba merupakan salah satu minyak esensial yang terbaik untuk jerawat danjuga cocok digunakan oleh seseorang dengan kulit kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *