Obat Jerawat Alami yang Bisa Ditemukan Disekitar Rumah

1 Feb

Memang tidak ada hentinya jika membahas mengenai jerawat. Salah satu masalah kulit yang sering menyerang kaum remaja ini memang sangat menjengkelkan, terlebih lagi jika timbul dibagian kulit yang terlihat, seperti wajah.

Namun, Anda jangan dulu frustasi ketika jerawat timbul, karena pastinya ada banyak solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengusir jerawat daru kulit, mulai dengan menggunakan obat yang dijual di apotik, hingga dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Namun, sebelum itu, alangkah baiknya jika Anda mencoba terlebih dahulu obat jerawat alami yang ada disekitar Anda.

Terdapat beberapa tanaman yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat jerawat alami yang ditemukan disekitar Anda, diantaranya :

Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah tidak asing lagi didunia kecantikan. Tanaman ini memiliki begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan untuk merawat kecantikan kulit. Ekstrak alami lidah buaya mengandung bahan-bahan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan ekstrak lidah buaya pada wajah, diamnkan, kemudian setelah mengering bilas dengan air bersih. Anda juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan madu untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Pertama, campurkan gel lidah buaya dengan satu sendok teh madu, kemudian aduk hingga rata dan oleskan pada kulit wajah. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas.

Daun sirih

Tanaman asli Indonesia ini memiliki kekhasan wangi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat karena memiliki kandungan antiseptik. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan 10 lembar daun siri, kemudian rebus dengan 1 liter air yang telah ditammbahkan dengan 2 sendok garam. Setelah mendidih, diamkan air rebusan daun sirih tersebut hingga dingin.  Air rebusan ini dapat digunakan untuk membasuh wajah setiap malam hari sebelum tidur. Dengan begitu, jerwat pun akan segera mengering dan menghilang.

Pepaya

Buah yang memiliki rasa manis ini mengandung enzim alami yaitu papain dan chymopapain yang bersifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Untuk memanfaatkannya sebagai obat jerawat alami, Anda bisa menghaluskan pepaya dengan blender. Setelah itu, gunakan pepaya sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bias dengan air bersih. Mengonsumsi jus pepaya secara rutin juga baik untuk mencegah dan membersihkan jerawat dari dalam tubuh.

Artikel Terkait : Manfaat Masker Daun Jambu Biji untuk Hilangkan Jerawat

Daun jambu biji

Daun yang kaya akan kandungan antioksidan, antibakteri, zat antiperadangan dan tanin ini memang sudah lama dikenal dapat menyembuhkan diare, kolesterol tinggi, kanker lambung, dan masih banyak lagi. Hebatnya lagi, bukan hanya untuk kesehatan saja, tetapi daun jambu biji ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat, flek hitam, dan keriput. Rebus beberapa lembar daun jambu biji, diamkan hingga air berwarna kecoklatan, kemudian gunakan kapas untuk mengoleskan air rebusan tersebut ke seluruh wajah, Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air biasa.

Cabai

Harga cabai yang kini melambung tinggi membuat para ibu mengambil solusi dengan menanam sendiri tanaman cabai di halaman rumah. Namun, selain untuk melengkapi suatu masakan, ternyata cabai juga baik untuk membantu mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan yang ada didalamnya dapat mencegah pembengkakan jerawat. Cara menggunakan cabai sebagai obat jerawat cukup mudah, sipakan cabai, mangkuk, air panas, dan kapas penyeka. Masukkan cabai yang telah dihancurkan ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan air panas dan aduk pelan-pelan. Dengan kapas penyeka, oleskan campuran tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit, setelah itu, bilas dengan air bersih. Hati-hati saat menggunakan ramuan ini, hindari area sensitif, seperti mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *