Mengetahui Keampuhan Laser untuk Hilangkan Bekas Jerawat

14 Dec

Pada sekarang ini ada banyak treatmen yang bisa kita lakukan untuk mempercantik diri. Nah, bagi Anda yang merasa tidak percaya diri dengan bekas jerawat di wajah, maka Anda bisa mencoba perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan teknik laser.

mengetahui-keampuhan-laser-untuk-hilangkan-bekas-jerawat

Laser merupakan salah satu bentuk sinar kasat mata yang bisa menembus benda. Dengan meningkatkan kemajuan teknologi, laser kini banyak digunakan untuk kepentingan kesehatan dan kecantikan. Dalam kecantikan, laser sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dalam waktu yang relatif singkat, tidak terasa sakit, dan tiak perlu banyak persyaratan. Keunggulan lainnya, laser bisa membersihakn wajag tepat sasaran dan tiadk menimbulkan luka.

Pada prinsipnya cara kerja laser adalah dengan menghancurkan lapisan kulit paling luar atau epidermis seolah dibuat pelukaan atau peradangan di adlam kulit menggunakan bantuan sinar laser. Cahaya kuat dari laser mampu menembus lapisan kulit, kemudian melukai permukaan kulit paling luar. Setelah sampau di dalam jaringan kulit, sinarnya akan merangsang produksi kolagen serta sel pembaruan untuk mengencangkan kulit.

Kemduian lapisan kulit yang rusak tadi secara perlahan akan menghilang, sehingga akan tumbuh lapisan kulit baru dibagian bawah. Perawatan laser biasanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit, tergantung kasus bekas jerawat yang dialami. Akan ada masa downtime, namun Anda masih tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Hanya saja diperlukan perhatian dan perawatan secara khusus.

Ada beberapa jenis perawatan laser yang bisa Anda lakukan untuk mengusir bekas jerawat, diantaranya :

  • Laser Erbium

Metode dengan laser ini dikatakan lebih advanced dan memiliki efek rasa sakit yang minumal dari perawatan laser fractional CO2. Hal tersebut disebabkan karena sinar lasernya sudah dimodifikasi dengan panjang gelombang 2940 nm, dan dirancang untuk menghasilkan panas yang ideal agar sel kulit mati dapat mengelupas secara aman.

Laser ini juga mampu merangsang produksi kolagen baru secara alami, diikuti dengan keahlian dalam mendeteksi ketebalan kulit. Jadi, pengelupasan kulit akan merata baik pada lapisan kulit yang tebal ataupun tipis. Setelah penyinaran, kulit wajah akan terasa lebih kencang, kemudian barulah pada hari kedua atau ke tiga secara perlahan sel kulit mati akan mengelupas. Disamping cocok untuk menghilangkan bekas noda jerawat, laser ini juga mampu membuat pancaran kulit wajah menjadi lebih cerah.

  • Pixel Laser

Laser ini akan menciptakan lubang-lubang siper kecil pada kulit, kemudian bekerja menyingkirkan lapisan terluar dari kulit. Kemudian, sel kulit di sekitarnya yang masih utuh akan berfungsi layaknya penadah untuk proses penyembuhan secara cepat. Laser pixel juga sama seperti laser erbium yang akan menstimulasi pertumbuhan kolagen baru untuk mengencangkan kulit sekaligus membuat hamparannya menjadi lembut.

Sebelumnya juga akan dilakukan proses anestesi, dan selama pengerjaan ada rasa tidak nyaman. Setelah perawatan, kulit akan terasa panas serupa sunburn diikuti dengan ruam merah dan sedikit bengkak selama 24-48 jam.

  • Laser Fractional CO2

Jika laser fractional biasa biasa digolongkan ke dalam laser non-invasif, maak laser fractional dengan karbon dioksida memiliki langkah yang berbeda. Metode ini lebih bermanfaat untuk mengobati masalah kulit seperti bekas luka, kutil, atau keriput.

Cara melakukan perawatan ini diawali dengan pemberian krim anesteri pada seluruh wajah, barulah dilkaukan teknik pelukaan melalui sinar laser. Akan ada bekas luka selama beberapa hari, kemudian secara perlahan bekas jerawat berkurang serta mengurangi pembentukan bopeng pada wajah.

Nah, itulah dia beberapa jenis perawatan laser dan keampuhannya untuk mengatasi bekas jerawat. Perawatan laser tentu saja perlu dilakukan pengulangan sesuai dengan kondisi dan kasus bekas jerawat yang Anda alami. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *