Mengetahui dan Mewaspadai Penyebab Jerawat di Area Intim

8 Nov

Mengetahui dan Mewaspadai Penyebab Jerawat di Area Intim,- Mungkin banyak yang berpendapat bahwa jerawat hanya timbul di bagian wajah atau punggung. Namun, apakah Anda tahu bahwa jerawat juga bisa timbul di area intim ?

Selama ini daerah kemaluan memang jadi bagian tubuh yang sensitif dan rentan terhadap iritasi. Maka dari itu, setiap orang dianjurkan untuk menjaga daerah kemaluannya agar tetap bersih.

Timbulnya jerawat diarea intim bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Sama halnya seperti jerawat di wajah dan punggung, produksi minyak yang berlebihan di area intim juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Selain itu, berikut ini penyebab jerawat di area intim yang perlu diketahui, diantaranya :

Hormon

Berbeda dengan jerawat pada wajah yang umumnya disebabkan oleh kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak, jerawat pada bagian kelamin ini disebabkan oleh kelenjar apokrin atau kelenjar keringat. Bagi sebagian orang yang memiliki masalah hormonal mungkin pernah mengalaminya, seperti jerawat timbul di wajah ketika menjelang atau saat menstruasi. Jerawat ini tidak bisa dihindari.

Alergi

Selain makanan, ada hal lain yang bisa memicu alergil, yaitu pemilihan deterjen untuk mencuci pakaian. Terlebih lagi bagi mereka yang memang memiliki kulit sensitif. Pada wanita, alergi juga bisa disebabkan oleh penggunaan pembalut saat menstruasi. Karena tidak semua pembalut cocok untuk semua orang.

Kebersihan saat menstruasi

Bagi wanita, menjaga kebersihan ketika menstruasi sangat penting, karena area miss V akan lebih lembab dari baisanya. Darah kotor dan keringat yang bercampur, serta bakteri streptococcus pyogenes atau staphylococcus aureus yang terbawa tangan atau media lain yang singgah pada area kemaluan sangat memungkinkan menjadi penyebab timbulnya jerawat di area miss V.

Makanan

Terdapat beberapa jenis makanan tertentu yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu produksi minyak dan keringan secara berlebih, seperti telur, mentega, dan berbagai makanan lain yang memiliki kandungan minyak jenuh yang tinggi.

Herpes genital

Infeksi ini disebabkan oleh virus herpes simpleks atau disebut juga HSV. Penyakit ini teramsuk salah satu infeksi menular dan umumnya ditularkan melalui hubungan seksual. Timbulnya herpes genital ini bisa dikenali melalui lepuh seperti jerawat berwarna kemerahan dan erasa sakit di sekitar area kemaluan. Luka tersebut bisa pecah dan menjadi luka terbuka.

Rambut kemaluan

Meskipun rambut kemaluan memiliki fungsinya sendiri, namun jika tidak dijaga kebersihannya maka bisa membuat bagian tubuh ini menjadi sarang bakteri. Itulah sebabkan didalam islam, kita diperintahkan untuk menjaga kersihannya dengan cara memotongnya secara rutin.

Menggunakan celana dalam yang ketat

Bagi Anda yang suka menggunakan celana dalam ketat, sebaiknya mulai sekarang tinggalkan. Walaupun terdengar sepele, namun ternyata kebiasaan ini bisa membuat area kemaluan kekurangan sirkulasi udara, membuatnya lembab dan dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Terlebih lagi jika bahan celana dalam tersebut panas dan kasar, maka area kemaluan pun menjadi mudah terkena iritasi.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *