Mengenali 3 Tipe Jerawat dan Cara Mengatasinya

1 Aug

Mengenali 3 Tipe Jerawat dan Cara Mengatasinya,- Meskipun memiliki ukuran kecil, namun jerawat sering kali membuat siapapun yang mengalaminya jengkel. Selain menimbulkan rasa nyeri, jerawat yang timbul di kulit wajah juga bisa membuat penderitanya minder dan tidak percaya diri. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Namun, sayangnya tidak sedikit yang justru mengambil cara instan untuk menghilangkan jerawat. Alih-alih menggunakan obat jerawat yang tepat, mereka lebih memilih untuk memencet jerawat secara sembarangan. Cara ini memang dapat mengatasi jerawat dengan cepat, namun dismaping itu, cara ini dapat menimbulkan dampak pada kulit, salah satunya menimbulkan bekas jerawat dan memperparah peradangan di kulit.

Ada begitu banyak tipe jerawat yang bisa timbul. Namun, secara umum ada 3 tipe jerawat yang menyerang kulit. Berikut ini 3 tipe jerawat dan cara mengatasinya yang perlu diketahui :

  • Jerawat kosmetika

Ini merupakan tipe jerawat yang disebabkan atau diperburuk oleh penggunaan kosmetik, produk perawatan kulit, dan perawatan rambut. Kondisi ini berkembang dalam beberapa periode, mulai dari timbul benjolan kecil, terasa gatal, hingga timbul ruam.

Jerawat ini biasanya timbul di daerah pipi dan dahi, dimana produk kosmetik sering diaplikasikan. Jerawat tipe ini bisa diatasi dengan mengetahui dan menghindari produk yang diguna menjadi penyebabnya.

  • Jerawat vulgaris

Ini merupakan tipe jerawat yang umum terjadi. Jerawat ini terdiri dari komedo putih (whiteheads), komedo hitam, papula, dan pustula, ditambah nodul dan jerawat batu. Komedo dan whiteheads merupakan tipe jerawat yang paling banyak menyerang disebabkan karena pori-pori wajah tersumbat akibat banyaknya minyak dan sel kulit mati.

Komedo hitam tampak hitam karena minyak mengoksidasi udara. Papula dan pustula merupakan bentuk lebih moderat dari jerawat vulgaris. Ini berupa benjolan meradang pada permukaan kulit ketika bakteri bercampur minyak dan menghasilkan nanah putih atau kuning di kelilingi kulit yang teriritasi berwarna merah.

Sedangkan papula merupakan benjolan merah muda kecil yang meradang, serta sangat sensitif dengan sentuhan. Dan jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dari benjolan biasa, berakar, dan menyakitkan. Jerawat batu sedikit lebih sulit untuk diobati karena tidak bisa menggunakan obat jerawat biasa, serta memerlukan perlakukan medis.

  • Jerawat mekanikal

Tipe jerawat ini merupakan jerawat yang disebabkan oleh panas, gesekan, atau tekanan pada kulit. Jerawat ini bisa juga timbul karena kulit tidak terkena udara. Jerawat ini biasanya terjadi pada atlet yang disebabkankarena alat pelindung wajah yang bergesekan dengan kulit.

Jerawat ini biasanya direspon dengan produk topikal yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan menggunakan bahan penyerap keringat saat berolahraga, dan membersihkan diri atau mandi setelah berolahraga.

Itulah 3 tipe jerawat dan cara mengatasinya yang perlu diketahui. Mengetahui jenis jerawat memang sangat penting. Hal ini bertujuan agar kita bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat sesuai dengan jenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *