Mengenal Jenis-Jenis Obat Jerawat Beserta Manfaatnya

5 Jul

Mengenal Jenis-Jenis Obat Jerawat Beserta Manfaatnya,- Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan jerawat, mulai dari kulit berminyak, bakteri, hingga polusi dan pola makan yang buruk. Meskipun cukup efektif, namun membersihkan wajah dan memperbaiki pola makan saja tidak akan menuntaskan masalah jerawat.

Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda juga perlu menggunakan produk anti jerawat yang mengandung bahan aktif pembasmi jerawat. Ada berbagai jenis obat jerawat yang biasa dijumpai dan memiliki manfaat tersendiri untuk membantu mengatasi jerawat.

Dan berikut ini merupakan jenis-jenis obat jerawat beserta manfaatnya yang perlu diketahui, yaitu :

  • Face oil

Beberapa face oil dipercaya dapat mengobati jerawat dinataranya adalah tea tree oil, tamanu oil, grapseed oil, dan sebagainya. Biasanya face oil memiliki anti inflammatory dan juga antibacterial, sehingga tidak hanya mampu mengatasi masalah jerawat, tetapi juga bisa menyamarkan bekas jerawat.

Penggunaan face oil ini bisa dikatakan sebagai gentle approach, karena bekerja secara perlahan serta tidak menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, kering, ataupun kombinasi.

Namun, bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak harus berhati-hati, krena dikhawatirkan jenis obat jerawat ini justru membuat pori-pori tersumbat. Face oil ini lebih direkomendasikan untuk digunakan pada jerawat ringan hingga sedang.

  • Acne patch/pimple patch

Berbeda dengan jenis obat jerawat sebelumnya, acne patch ini berfungsi untuk menutup area yang sedang berjerawat, agar bakteri tidak masuk dan memperparah kondisi jerawat. Acne patch bisa digunakan pada jerawat yang baru saja pecah ataupun pada cystic acne.

Umumnya acne patch ini memiliki kandungan salicylic acid atau BHA. Kandungan ini dipercaya baik untuk mengobati jerawat, karena dapat membantu menghilangkan sumbatan atau kotoran yang ada di pori-pori ataupun jerawat. Sehingga selain dapat membantu melindungi jerawat dari kotoran, acne patch ini juga mampu mempercepat penyembuhan.

  • Spot teatment (Benzoyl Peroxide)

Jenis obat jerawat yang sering disebut obat totol jerawat ini pada umumnya memiliki kandungan benzoyl peroxide. Kandungan ini sendiri memang dikenal ampuh sebagai obat jerawat karena memiliki anti bacterial yang dapat menumpas bakteri p.acnes penyebab jerawat.

Walaupun begitu, obat jerawat ini lebih direkomendasikan pada jerawat yang tidak meradang, juga dapat digunakan pada jerawat yang memiliki ‘mata’. Selain untuk mengobati jerawat, benzoyl peroxide juga dapat digunakan untuk mencegah peradangan, dengan cara menggunakannya pada jerawat yang akan pecah atau bibit jerawat.

Selain itu, benzoyl peroxide juga mampu membantu membersihkan pori-pori dari sumbatan. Sayangnya, karena memiliki fungsi untuk menyerap kelebihan minyak, benzoyl peroxide ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Produk ini sendiri memiliki konsentrasi yang berbeda-beda, yaitu 2,5%, 5%, dan 10%. Jika Anda baru pertama kali menggunakan obat jerawat yang satu ini, maka direkomenadsikan untuk menggunakannya dengan konsentrasi terendah terlebih dahulu.

  • Drying lotion

Bahan utama yang terkandung dalam obat jerawat ini adalah sulfur, dimana bahan ini dikenal ampuh untuk mengeringkan jerawat. Sama halnya dengan benzoyl peroxide, drying lotion ini cocok digunakan oleh mereka yang memiliki jerawat ringan hingga medium dengan masalah minyak berlebih.

Tidak hanya itu, drying lotion yang memiliki kandungan sulfur juga dapat mengeksfoliasi kulit, sehingga bermanfaat untuk membantu menghilangkan sumbatan yang ada di pori-pori wajah. Tak jauh berbeda dengan benzoyl peroxide, drying lotion ini juga bisa menyebabkan area wajah cenderung menjadi kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *