Mencegah Timbulnya Jerawat Saat Menstruasi

11 Nov

Setiap wanita pasti mengalami yang namanya sikulus menstruasi. Menstruasi merupakan hal yang normal terjadi pada wanita, dan umumnya setiap wanita pernah mengalami menstruasi. Namun, ketika masa menstruasi tersebut datang dapat terjadi perubahan hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan jerawat timbul ecara tiba-tiba.

Jerawat yang muncul ketika menstruasi terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon testosteron ataupun androgen. Salah satu damapk dari perubahan hormon tersebut sangat terlihat jelas, yaitu wanita akan tambah sensitif, cenderung mudah marah, hingga mengalami stress ringan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat ketika akan atau sedang menstruasi.

mencegah timbulnya jerawat saat menstruasi

Namun, tidak perlu khawatir. Disini Anda dapat menemukan informasi yang sangat tepat untuk mencegah timbunya jerawat saat menstruasi. Bagaimana caranya ? Simah informasi lengkapnya berikut ini !

Ladies, bagi Anda yang memiliki masalah jerawat saat mestruasi, berikut ini tips mencegah timbulnya jerawat saat menstuasi :

Kendalikan Stress Berlebih

Stree merupakan salah satu penyebab utama dari timbunya jerawat saat menstruasi. Anda harus pandai dalam mengendalikan stress denganmenjaga pola pikir positif agar Anda bisa terhindar dari berbagai masalah yang dapat menyebabakn stress. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang positif untuk menenangkan pikiran aatu mungkin mencoba minuman tradisional dari daun pandan untuk menenangkan pikiran Anda.

Perhatikan Kebersihan Kulit

Kebersihan kulit merupakan faktor eksternal penyebab timbulnya jerawat. Kotoranyang menempel di kulit danbercampur dengan minyak kulit dapat menghambat pori-pori yang akhirnya dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Bersihkanwajah secara teratur, yaitu minimal 2 kali sehari untuk menjaga agar kulit tetap bersih.

Gunakan Masker Apel

Buah apel memiliki manfaat yang sangat bagus untuk membantu proses regenerasi kulit serta mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Caramembuat masker apel cuku mudah, yaitu hancurkan bauh apel yang sudah disiapkan, kemudian campur buah apel yang telah hancur tersebut dengan madu dan gunakan sebagai masker muka.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsi sayur dan buah secara rutin dan teratur bisa membantu mencegah timbulnya jerawat dari dalam tubuh. Cara ini sangat dianjurkan, khusunya buah dan sayur yang memiliki kandungan serat dan vitamin C seperti bayam. jeruk, dan apel. Serat dan vitamin Cdapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membantu mencerahkannya.

Lakukan Diet Sehat

Sangat penting untuk memberikan kulit kekebalan terhadap bakteri jerawat. Untuk itu, Anda bisa melakukan diet sehat dengan mengonsumsi banyak sayran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, serta minyak esensial. Hindari junk food, makanan berminyak, serta makanan dengan kadar lemak yang berlebih. hal ini bertujuan untuk memastikan sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Cukupi Asupan Cairan Tubuh

Ketika kulit wajah kering dan mudah kusam karena kurang cairan dalam tubuh, maka akan beresiko timbulnya jerawat. Memperbanyak minum jus buah yang mengandung vitamin C dapat membantu tubuh tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, biasakan juga untuk minum air putih yang cukup agar tidak mengalami hidrasi.

Dengan beberapa cara diatas, Anda bisa mencegah timbulnya jerawat saat menstruasi. Jika jerawat sudah timbul, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat jerawat alami yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam yang tentunya memiliki khasiat serta manfaat untuk mengatasi jerawat secara efektif.

Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan membantu, khusunya bagi Anda yang memiliki keluhan dengan masalah kulit berjerawat saat menstruasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *