Masalah Jerawat Pada Pria

9 May

masalah jerawat pada priaMasalah jerawat ternyata tidak hanya menyerang  pada wanita saja, namun kini para rpria juga sudah  mulai merasa terganggu dengan kehadiran jerawat.  Timbulnya jerawat pada pria pada dasarnya hampir  sama dengan yang terjadi pada wanita.

Jerawat memang menyerang tanpa memandang bulu  dan dapat menyerang pada siapa saja, baik wanita  maupun pria pada usia berapa pun. Pada wanita,  biasanya jerawat muncul pada saat pre mentrual  syndrom (PMS), dimana terjadi perubahan hormon  estrogen dan progesteron. Sedangkan masalah jerawat  pada pria bukan disebabkan oleh pola hormonal. Ada  tiga faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat  pada pria, diantaranya :

Stress

Pembentukan jerawat dapat terjadi karena perubahan  tingkat stress. Peningkatan stress dapat merangsang  kelenjar-kelenjar sebasea pada kulit memproduksi lebih  banyak. Selain itu, stress juga dapat mempengaruhi  sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat  memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah  ada.

Pola Tidur

Padatnya aktivitas dan kebiasaan begadang juga dapat  memperparah keadaan. Padahal waktu terbaik untuk  tidur adalah pukul 22.00 – 05.00 WIB. Pada waktu  tersebut kulit akan melakukan recovery untuk  merangsang pembentukan sel-sel kulit baru dan  memperbaharui sel-sel kulit mati. Dengan begitu,  komedo dan jerawat dapat dicegah.

Makanan

Memang tidak ada pantangan untuk mengonsumsi  makanan tertentu, asalkan masih dalam jumlah yang  wajar. Namun, perlu diketahui bahwa respon tubuh  setiap orang berbeda. Seperti, ada yang berpendapat  bahwa setelah mengonsumsi kacang, telur atau  gorengan mereka mendapati adanya jerawat di kulit  mereka. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu  mengontrol setiap makanan yang akan dikonsumsi  serta mengetahui jenis makanan yang cocok untuk  kulit Anda.

Untuk menghilangkan jerawat pada pria mungkin  lebih sedikit ditemukan dari pada cara menghilangkan  jerawat pada wanita. Meskipun masalah yang dialami  sama, namun para pria cenderung lebih memilih cara  yang sederhana untuk mengatasi masalah pada  jerawat yang dialaminya. Berikut beberapa cara  sederhana yang dapat digunakan oleh para pria untuk  mengatasi jerawat :

 

  • Membersihkan Muka Secara Rutin
    Jerawat disebabkan oleh kulit yang berminyak, maka  dari itu membersihkan wajah secara teratur dapat  menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk  diwajah. Anda bisa menggunakan sabun pembersih  wajah untuk melakukan perawatan ini, jika sudah  merasa cocok dengan satu jenis sabun pembersih  wajah, maka jangan sering menggantinya karena bisa  menimbulkan alergi jika ternyata sabun pengganti  tersebut tidak cocok dengan jenis kulit Anda. Anda juga  bisa membersihkan wajah cukup dengan  menggunakan air bersih saja dan usahakan untuk  maencuci muka minimal 2 hari sekali. Dan penting  juga untuk mencuci muka sebelum tidur.
  • Perhatikan Pola Tidur
    Pola tidur sangat berpengaruh pada timbulnya  jerawat. Usahakan untuk tidak selalu lembur, karena  seperti yang telah disebutkan sebelumnya waktu yang  baik untuk tidur adalah pukul 22.00 hingga 05.00. Jika  Anda mengalami gejla insomnia, segeralah meminta  saran dokter untuk membantu Anda dalam mengatasi  masalah ini.
  • Perawatan Dengan Es Batu
    Salah satu cara perawatan sederhana untuk mengatasi  jerawat yaitu dengan menggunakan es batu. Cukup  dengan menggosokkan es batu pada daerah kulit yang  berjerawat. Lakukan perawatan tersebut secara rutin  sampai jerawat hilang.
  • Gunakan Lidah Buaya
    Lidah buaya berkhaisat untuk melakukan peremajaan  jaringan sel kulit yang rusak. Lidah buaya cukup  efektif untuk menghilangkan jerawat sekaligus noda  bekasnya dan dapat mengatasi terjadinya peradangan  pada kulit. Gunakan bagian dalam dari lidah buaya  sebagai masker dengan mengupas kulitnya terlebih  dahulu.
  • Mengoleskan Lemon Pada Wajah
    Lemon merupakan salah satu cara alami yang dapat  digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan AHA  (Alpha Hydroxy Acids) yang terdapat pada lemon  cukup efektif dan aman untuk kulit wajah. Anda bisa  menggunakan perasan air lemon atau langsung  menggunakan irisanlemon untuk dioleskan pada kulit  wajah yang berjerawat. Lakukan kegiatan tersebut  setidaknya 2-3 kali dalam seminggu, namun jika kulit  mengalami iritasi karena kulit wajah termasuk kulit  yang sensitif, maka perawatan dapat dihentikan dan  konsultasikan dengan dokter.

Semoga informasi tentang masalah jerawat pada pria  diatas bisa bermanfat dan bisa membantu Anda yang  mungkin sedang mengalami masalah kulit yang satu  ini untuk mengatasinya.

mengenal jerawat nasi

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *