Manfaat Yoghurt untuk Kulit Cantik dan Sehat

26 Dec

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat. Tentu semua orang ingin memilikinya. Beragam cara bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang cantik serta sehat. Tapi, bagi Anda yang tidak mau ribet dan malas untuk melakukan perawatan di salon ataupun klinik kecantika, selain biayanya juga cukup mahal, ada cara sederhana kok yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat.

Yoghurt menjadi salah satu solusi yang efektif untuk membantu menjadikan kulit jadi lebih cantik dan sehat. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, ternata yoghurt juga memiliki manfaat lain, yaitu mampu membuat kulit lebih cantik dan sehat.

Manfaat Yoghurt untuk Kulit Cantik dan Sehat

Yoghurt merupakan makanan sehat yang nikmat, didalamnya terkandung multivitamin penting yang baik bagi kesehatan. Kandungan asamlaktat dan seng (zinc) yang ada didalam yoghurt sangat bermanfaat bagi kesehaatn dan kecantikan kulit. Selain itu, sejumlah kandungan yoghurt, seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6, dan juga vitamin B12 juga bermanfaat untuk kesehatandan perawatan kecantikan.

Cukup dengan melakukan pijatan dengan yoghurt atau menjadikannya sebagai masker dan digunakan secara teratur bisa membantu kulit menjadi lebih cantik dan juga sehat. Namun, harus diperhatikan, gunakan yoghurt plain (yoghurt murni, sebelum diberi tambahan rsa seperti gula, sari buah, atau rasa lainnya), karena jika menggunakan yoghurt yang telah diberi rasa, justru dapat menyebabkan iritasi, ruam, dan bagi yang berjerawat dapat memperparah kondisi jerawat.

Berikut ini beberapa manfaat yoghurt untuk kulit lebih cantik dan sehat :

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Sifat pelembab yoghurt dapat menjadi scrub yang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini sangat baik untuk mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif. Caranya cukup mudah, yaitu :

Buat scrub alami dari campuran 2 sendok makan yoghurt dan 1 sendok makan oat. Lakukan eksofolasi kulit dengan cara memijat kulit secara lembut dengan gerakan memutar. Untuk mengatasi komedo, tambahkan yoghurt dengan sedikit tepung beras, campurkan hingga menjadi pasta tebal. Gosokan ke kulit dengan gerakanmemutar kecil, kemudian cuci dengan air dingin.

  • Sebagai Pelembab dan Pencerah Alami

Yoghurt dapat menyegarkan kembali kulit yang layu dan kusam. Caranya oleskan yoghurt pad kulit yang telah dibasahi oleh air, pijatperlahan hingga yoghurt meresap ke dalam kulit, biarkan selama kurang lebih 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Kandungan asam laktat merupaakn asam hidroksi alami yang dapat membantu pengelupasan, melembabkan, serta membuat kulit mulus.

Sedangkan ntuk membuat kult tampak lebih bersinar, Anda bisa membuat masker yang terbuat dari campuran yoghurt, kacang lentil (kacang khasi dari Timur Tengah), dan kulit jeruk. Semua bahan tersebut dihaluskan. Kemudian oleskan sebagai masker pada wajah, biarkan selaam kurang lebih 15 menit dan bias dnegan air hingga bersih. Jika kulit kering, tambahkanmadu untuk mendapatkan kelembaban ekstra yang dibutuhkan oleh kulit.

Selain masker diatas, Anda juga bisa melakukan cara lainnya. Campurkan 4 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan coklat bubuk, dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah, biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat untuk menyegarkan kembali kulit yang layu dan kusam.

Manfaat Yoghurt untukKulit Cantik dan Sehat

Menambahkan yoghurt ke dalam menu diet harian atau sebagai perawatan wajah untuk menyembuhkan jerawat merupakan hal yang sangat tepat. Karena sifat asam yang ada didalamnya, yoghurt dapat menghancurkan berbagai bakteri penyebab jerawat, jamur, dan kuman dalam tubuh. Terapkan krim yoghurt pada wajah (masker wajah) dan cuci setelah 30 menit dengan air bersih untuk membersihkan kulit. Atau buat pasta dari yoghurt dengan menambahkan kunyit bubuk, gula, dan bubuk cendana. Pijat pasta pada kulit dan bilas dengan air dinging setelah 15 menit.

  • Menyembuhkan Kulit Terbakar

Yoghurt mengandung seng yang membantu meringankankulit dan sensasi gatal-gatal dari pembakaran. Campur yoghurt dengan menambahkan beberapa minyak esensial seperti minyak zaitun. Gunakan ini pada permukaan kulit yang terbakar dan biarkan selama 15 menit sbelum membilasnya.

  • Mencegah Penuaan Dini

Kandungan asam laktat dan zat dengan sifat anti aging yang ada didalam yoghurt sanga efektif untuk melawan radikal bebas dan mampu memperlambat munculnya kerutan dan garis-garis halus di wajah. Untuk menjaga kulit agar tetap tampak muda dan bersinar, gunakan masker dari campuran 1 sendok makan minyak zaitun dengan 3 sendok makan yoghurt. Oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan. Lakukan secara teratur, minimal 3 kali dalam seminggu.

  • Menghilangkan Lingkaran Gelap Di Bawah Mata

Umumnya masalah ini muncul karena kurangnya waktu tidur akibat kesibukan ataupun aktivitas tinggi yang menharuskan Anda untuk begadang. Namun, Anda tidak perlu kahwatir. Yoghurt bisa membantu mengatasi masalah Anda. Cukup dengan mengoleskan yoghurt pada area mata yang berwarna hitam ketika akan tidur. Basuh muka Anda pada pagi hari dan ulangi dalam satu minggu hingga warna gelap benar-benar menghilang.

Perlu di perhatikan, jika kulit Andamulai pecah-pecah atau terasa gatal, segera cuci muka dan hentikan penggunaan yoghurt pada kulit. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan Anda termasuk orang yang alergi terhadap yoghurt.

Selain nikmat untuk dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat lainnya, manfaat yoghurt untuk kecantikan wajah bisa diandalkan untuk merawat kesehaatn kulit secara alami. Pemanfaatan bahan ini dapat dikombinasikan dnegan bahan-bahan tradisional lain yang mudah ditemukan serta mudah untuk dibuat. Selamat mencoba dan semoga berhasil untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat impian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *