Manfaat Facial Air Susu Ibu untuk Menghilangkan Jerawat

15 Sep

Jika biasanya facial wajah dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti coklat, kopi, atau bahan-bahan lainnya. Namun, kali ini ada informasi yang cukup mengejutkan. Dimana sebuah salon bernama Mud Facial Bar di Colorado, Amerika memberikan sensasi yang berbeda dengan menyediakan jasa facial dengan air susu ibu (ASI).

manfaat-facial-air-susu-ibu-untuk-menghilangkan-jerawat

Menurut Elizabeth Stachovic, selaku pemilik salon menyebutkan bahwa beberapa kliennya antusias menyambut facial tersebut, sedangkan beberapa lainnya tidak menunjukkan antusias yang sama. Lalu apa manfaat facial air susu ibu untuk mengatasi jerawat ?

Menurut Elina Fedotova, pendiri Assocation of Holistic Skin Care Practitioners atau Asosiasi Praktisi Perawatan Kulit Holistis menyebutkan bahwa pada dasarnya ASI hadir untuk melindungi bayi dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh bayi.

“Oleh karena itu, ASI mengandung berbagai zat yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. ASI juga dipercaya dan dikenal mengurangi jerawat dan menghaluskan kulit,” tutur Fedotova.

Pernyataan Fedotova tersebut telah dibuktikan oleh Dissaya Pompattananangkul, seorang praktisi bioteknologi dari Universitas California. Dari hasil penelitiannya, ASI ternyata mengandung 40-50% asam laurik yang dominan. Asam laurik merupakan antimikroba yang disinyalir dapat membunuh kuman penyebab jerawat yang berkoloni dan menimbulkan masalah jerawat. Kandungan asam laurik yang dominan dalam ASI bisa melumpuhkan kumah penyebab jerawat.

Artikel Terkait :

Obat Jerawat Di Dagu Alami
Obat Jerawat Herbal Green World Anti Acne Cream

Alamsyah Agus, herbalis Rumah Sakit Sehat Alami Depok menyebutkan bahwa sebenarnya kandungan yang ada didalam ASI sangat mirip dengan kandungan susu kambing. ASI juga mengandung kolustrum yang berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, dan antibodi serta peremajaan kulit. Dengan begitu, maka ASI juga bisa menghaluskan kulit serta mencegah timbulnya jerawat karena sifat anti jerawatnya.

Penggunaan ASI juga tidak sembarangan dilakukan. ASI yang murni tidak bisa terserap begitu saja ke dalam kulit. Perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu menjadi krim untuk membuat partikel ASI menjadi lebih kecil dan mudah diserap oleh kulit. Bentuk krim dari ASI ini menyerupai krim-krim wajah lainnya, seperti berwarna putih dan tidak berbau.

Krim ASI ini juga ditambah dengan white clay (kaolin clay), lavender, dan vitamin E yang diaplikasikan pada kulit wajah layaknya perawatan facial biasa. Tidak akan ada yang menyadari jika terdapat kandungan ASI dlaam krim tersebut.

Walaupun di Amerika facial ASI sudah dipraktekkan, namun belum ada penelitian khusus yang membuktikan bahwa ASI dapat menghilangkan jerawat. khasiat ASI untuk menghilangkan jerawat masih merupakan asumsi dan sebuah hipotesis karena ASI mengandung asam laurik yang merupakan zat untuk membunuh bakteri.

Namun, meskipun belum ada penelitian yang dilakukan secara ilmiah, para peneliti sepakat dan hampir semuanya setuju bahwa kemungkinan ASI memang bisa mengobati jerawat secara efektif tanpa efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *