Manfaat Ekstrak Thyme (Thymo-T Essence) untuk Atasi Jerawat

19 Dec

Manfaat Ekstrak Thyme (Thymo-T Essence) untuk Atasi Jerawat,- Jerawat menjadi masalah kulit yang sering dialami oleh setiap orang, baik itu pria ataupun wanita. Jerawat yang sering timbul di bagian wajah, leher, dada, punggung, dan bahu merupakan tanda-tanda bahwa kulit sedang mengalami peradangan.

Peradangan yang menjadi penyebab timbulnya benjolan jerawat biasanya dipicu oleh adanya produksi minyak berlebih pada kulit dan penumpukan sel-sel kulit mati. Keduanya berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Penyumbatan inilah yang menyebabkan bakteri tumbuh dan berkembang sehingga menyebabkan terjadinya peradangan yang disebut dengan jerawat.

Saat ini banyak beredar produk-produk penghilang jerawat yang beredar di pasaran dengan berbagai zat yang ada didalamnya. Masing-masing memiliki cara kerja tersendiri, seperti mampu memnubuh bakteri penyebab jerawat, mempercepat proses pergantian sel kulit atau menghilangkan kelebihan minyak yang diproduksi.

Namun, beberapa zat aktif memiliki efek samping yang dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit kering dan pecah-pecah bahkan ada yang menyebabkan fotosenstif terhadap penggunanya. Bukannya tampil lebih baik, tetapi produk tersebut justru memperburuk kondisi kulit.

Hal ini menyebabkan berkembangnya penelitian terhadap efek antibakteri dan antiradang yang berasal dari tanaman. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa minyak esensial dari tumbuhan bisa menjadi alternatif untuk mengobati jerawat. Salah satunya yaitu tanaman thyme.

Siapa yang menyangka bahwa tanaman yang basa digunakan sebagai bumbu dapur ini efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun thyme memiliki efek antibakteri yang paling ampuh melawan 5 jenis bakteri berbeda.

Penelitian lainnya menemukan bahwa tanaman thyme ini memiliki zat aktif seperti gamma-terpineol dan thymol atau disebut juga dengan Thymo-T essence yang membuatnya efektif dalam melawan mikroba tertentu. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas minyak esensial thyme ini.

Untuk penggunaannya, Anda bisa memilih produk yang mengandung ekstrak daun thyme untuk merawat dan menjaga kesehatan serta kebersihan kulit. Selain itu, cuci wajah setidaknya 2 kali sehari di pagi dan malam hari. Hal ini disebabkan karena produk minyak pada wajah dinilai lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, sehingga risiko timbulnya jerawat di wajah menjadi lebih besar.

Selain itu, mengubah gaya hidup sehat juga penting untuk membantu mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat. Dan jangan malas untuk selalu melakukan perawatan wajah berjerawat, salah satunya rutin membersihkan wajah dengan produk yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *