Manfaat Buah Delima Efektif untuk Hilangkan Jerawat

30 Aug

Manfaat Buah Delima Efektif untuk Hilangkan Jerawat,- Delima merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak disukai. Tanaman delima diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakan di daerah Mediterania. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya dapat dikonsumsi. Buah delima bisa dikonsumsi dalam kondisi segar, sebagai campuran rujak buah, salad buah, jus, atau sari buah.

Disamping itu, buah delima juga diketahui memiliki beragam manfaat tubuh, seperti melawan kanker dan melindungi jantung. Tidak hanya itu, buah merah ini juga bisa membantu mengatasi jerawat yang membandel. hal ini disebabkan karena ekstrak pada buah delima menyerang bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes (P acnes) dan Staphylococcus aureus (S aureus), secara langsung.

Berikut ini merupakan manfaat buah delima efektif untuk hilangkan jerawat, diantaranya :

  • Mengendalikan pertumbuhan bakteri

Ditemukan bahwa pertumbuhan bakteri oportunistik seperti P acne dan S aureus bisa ditekan dengan ekstrak buah delima. Kandungan polifenol yang terdapat pada ekstrak buah delima juga bisa merusak timbunan jerawat akibat kedua bakteri tersebut.

  • Mengurangi peradangan

Ekstrak buah delima telah menunjukkan efek antiinflamasi dengan mengendalikan pertumbuhan P acnes.

  • Menghambat lipase

Bakteri melepaskan enzim yang dikenal sebagai lipase yang membantu mereka mencerna sebum di kulit. Setelah pencernaan, lipase melepaskan asam lema dan produk limbah ke dalam kulit yang menyebabkan iritasi. Ekstrak delima efektif dalam mengurangi produksi lipase untuk menyelamatkan kulit dari peradangan lebih lanjut.

  • Tidak mengiritasi kulit

Ekstrak buah delima efektif untuk membantu menghilangkan jerawat tanpa menimbulkan efek samping seperti pengelupasan atau kemerahan. Hal ini berbeda dengan perawatan jerawat standar seperti retinols, asam salisilat, dan peroksida benzoil yang bisa menyebabkan iritasi.

Baik kulit dan jus buah delima bisa digunakan untuk mengurangi jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampurkan bubuk buahnya dengan sedikit madu dan aplikasikan ke wajah. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga :

Obat untuk Kempeskan Jerawat
Obat Jerawat Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *