Manfaat Asam Salisilat untuk Bebaskan Kulit dari Jerawat

31 May

Manfaat Asam Salisilat untuk Bebaskan Kulit dari Jerawat,- Siapapun pasti ingin memiliki kulit yang cantik, bersih, dan bebas jerawat. Namun apa daya, seringkali hal tersebut sulit diwujudkan akibat adanya noda-noda bekas jerawat bahkan jerawat yang timbul di kulit wajah dan mengganggu penampilan.

Perawatan yang tepat dapat membantu mengatasi jerawat secara aefektif. Namun, sayangnya ada banyak kesalahpahaman tentang jerawat yang membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk. Alih-alih bertambah baik, jerawat justru malah semakin parah dan menyebar ke bagian lainnya.

Obat jerawat atau berbagai produk perawatan jerawat lainnya merupakan solusi yang banyak dipilih untuk mengatasi gangguan kulit ini. Salah satu bahan yang terkandung didalam produk perawatan jerawat adalah asam salisilat atau salicylic acid. Asam salisilat merupakan salah satu zat terbaik yang efektif untuk melawan jerawat dan dapat membantu mengatasi jerawat ringan hingga sedang, seperti comedonal atau jerawat tanpa radang, serta mampu mencegah timbulnya jerawat.

Manfaat Asam Salisilat untuk Bebaskan Kulit dari Jerawat yang Harus Diketahui

Asam salisilat merupakan senyawa asam beta hydroxy yang diekstrak dari pohon willow. Pohon willow atau disebut juga pohon dedalu ini merupakan salah satu pohon yang memiliki kulit berair dan getah yang mengandung asam salisilat.

Beta hydroxy acid memiliki dua molekul terpisah seperti acid dan carbon atom dengan partikel kecil dan ringan sehingga sangat mudah menyerap ke dalam jaringan kulit.

Ketika berpenetrasi ke dalam kulit, molekul tersebut akan menyatukan sel-sel kulit layaknya sebuah lem. Selain itu, salicylic acid juga memiliki formula ringan yang mampu mengekfoliasi kulit bagian teratas secara lembut dan perlahan akan menciptakan sel kulit baru yang lebih cerah dan sehat.

Pada kasus kulit berminyak dan berjerawat, kulit biasanya lebih sensitif sehingga eksfoliasi yang dilakukan untuk membersihkan serta mengangkat sel-sel kulit mati bisa membuat kulit teriritasi. Dengan penggunaan asam salisilat, maka ia akan bekerja secara lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta mengontrol minyak pada wajah sehingga produ-pori pun akan terbebas dari minyak yang menyumbat dan menyebabkan jerawat.

Selain bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat, asam salisilat juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit, mengurangi produksi minyak, serta mengatasi komedo. Beta hydroxy acid yang terkandung didalamnya juga mampu membantu menekan timbulnya kertan dan keriput.

Namun, Anda juga patut berhati-hati jika ingin menggunakan asam salisilat. Pasalnya, penggunaan yang tidak tepat dan menimbulkan efek samping.

Beberapa efek samping yang bisa timbul akibat penggunaan asam salisilat diantaranya yaitu iritasi kulit, kulit terasa terbakar, mengelupas, serta kekeringan pada kulit.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, sebaiknya tidak menggunakan asam salisilat terlalu sering. Pasalnya penggunaan yang terlalu sering dapat membuat kulit bertambah kering dan iritasi. Pada dasarnya, produk asam salisilat sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki jenis kulit berminyak.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka Anda juga patut berhati-hati dalam menggunakan asam salisilat karena bisa menimbulkan alergi dan iritasi kulit.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *