Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

1 Nov

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Berminyak,- Kulit berminyak merupakan kondisi yang paling banyak dialami oleh wanita Indonesia. Memiliki kulit berminyak bukan hanya masalah sepele. Ada banya masalah lain yang bisa timbul akibat kulit berminyak, seperti komedo, jerawat, dan lain sebagainya.

Kelebihan disebabkan karena kulit mengeluarkna sebum berlebih. Ada banyak faktor pendukung timbulnya minyak berlebih pada kulit, mulai dari gen, faktor lingkungan, faktor diet dan gaya hidup.

Ada banyak penyebab produksi minyak berlebih pada kulit, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Pemilihan makanan untuk kulit berminyak memiliki peran yang bear karena dengan mengonsumsi makanan yang tepat, maka Anda bisa mengontrol produksi sebum di kulit.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pemilik kulit berminyak, diantaranya adalah :

  • Gorengan

Penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengadnung terlalu banyak asam lemak omega-6 akan lebih rentan berjerawat. Ini dapat ditemukan pada makanan yang digoreng, misalnya kentang goreng. Jadi, untuk mencegah agar kulit tidak semakin berminyak, maka hindarilah memasak dengan cara menggoreng atau memasukkan terlalu banyak minyak.

  • Susu dan aneka produk olahannya

Konsumsi susu sering dihubungkan dengan peningkatan jerawat. Hal ini terjadi karena produk susuk mengandung kadar hormon tinggi yang dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya jerawat. Jika kulit sensitif terhadap hormon dalam susu, maka beralihlah ke produk alternatif lain seperti susu almond.

  • Gula

Selain memengaruhi kondisi mood atau mental seseorang, nyatanya mengonsumsi gula berlebih juga bisa memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak minyak di wajah. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi makanan yang tinggu gula dapat meningkatkan kadar hormon dan gula darah yang kemudian dapat menyebabakn produksi minyak berlebih. Ditambah, indeks glikemik gula cukup tinggi dan berbagaya bagi kulit.

  • Alkohol

Ketika mengonsumsi alkohol, maka panas di tubuh akan meningkat sehingga tubuh akan lebih mudah berkeringat. Keringat yang meningkat ini menyebabkan pori-pori tersumbat yang pada akhirnya bisa menyebabkan jerawat.

  • Makanan berkarbohidrat

Makanan seperti roti, nasi putih, dan karbohidrat olahan lainnya memiliki indeks glikemik yang tinggi. Artinya, mereka dapat menaikkan kadar gula darah secara cepat. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak dan jerawat.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pemilik kulit berminyak.. Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, usahakan pula untuk tetap menjaga kebersihan kulit dengan mencuci muka dengan sabun 2 kali sehari dan cukupi kebutuhan kelembaban dengan air agar kondisi kulit berminyak tidak semakin parah.

 

Artikel terkait :

Cara Atasi Kulit Berminyak pada Ibu Hamil
Keuntungan Memiliki Kulit Wajah Berminyak
Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *