Konsumsi 3 Jenis Makanan Ini untuk Hilangkan Jerawat

24 Oct

Konsumsi 3 Jenis Makanan Ini untuk Hilangkan Jerawat,- Jengkel dengan jerawat yang tak kunjung sembuh meskipun sudah menggunakan berbagai produk perawatan dan obat jerawat ? Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan jerawat di kulit wajah.

Beberapa jenis makanan memang disebutkan dapat memicu timbulnya jerawat. Namun, ada pula makanan yang justru antijerawat. Studi menunjukkan bahwa vitamin A memiliki peranan penting dalam kesehatan kulit, dan bahkan mempperbaiki keriput halus yang terkait dengan penuaan dini.

Dua bentuk vitamin A tersebut tersedia dalam makanan, yaitu retinol dan karotenoid, yang dapat memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mayoclinic menyebutkan bahwa diet (RDA) vitamin A yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 900 mikogram harian (3000 IU) untuk pria dan 700 mikrogram per hari (2.300 IU) untuk wanita.

Pengobatan utama untuk jerawat terdiri dari penggunaan formulasi farmasi untuk mengendalikan pemutusan, namun ada beberapa penelitain yang menunjukkan bahwa nutriis dan metabolitnya dapat memengaruhi hidrasi kulit, hiperproliferasi, dan metabolisme.

Untuk mendukung hal tersebut, berikut ini merupakan 3 jenis makanan untuk hilangkan jerawat yang bisa dikonsumsi, diantaranya :

  • Ubi/kentang

Kentang manis merupakan makanan pertama yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi jherawat. Pasalnya dalam 100 gram kentang tawar yang belum di masak terkandung 19217 IU vitamin A. Dan mengonsumsi ubi jalar dapat meningkatkan kesehatan kulit karena kadnungan beta karoten yang dimilikinya cukup tinggi, yang membantu mengubah vitamin A dalam tubuh yang memicu DNA bertanggungjawab untuk memproduksi sel kulit baru. Tidak hanya itu, ubi jalar juga bisa membantu membalikkan depresi, karena sayuran akar ini kaya akan kandungan nutrisi yang biasanya ditemukan habis pada paenderita depresi.

  • Tomat

Makanan antijerawat selanjutnya yaitu tomat. Penelitian telah mendukung fitonutrienm seperti lycopene yang terkandung dalam tomat diketahui mampu melindungi sel dari kerusakan DNA.

Dalam penelitian hewan, polifenol (sejenis fitronutrien) telah terbukti melindungi kulit dari efek radiasu UV yang merusak, termasuk pengurangan peradangan kulit, stres oksidatif, dan kerusakan DNA. Dalam 100 gram mentah dan matang terkandung 833 IU vitamin A.

Baca juga : Masker Tomat untuk Hilangkan Jerawat

  • Anggur

Anggur menjadi makanan selanjutnya yang mampu mengatasi jerawat. Jika dibandingkan dengan tomat, didalam 100 gram buah anggur hanya terkandung sedikit vitamin A, yaitu sekitar 66,0 IU.

Walaupun begitu, anggur memiliki kandungan Resveratrol, senyawa tanama polifenol yang memiliki antimikroba, menunjukkan aktivitas antiviral, antijamur, antibakteri, dan antiprotozoal, dan telah terbukti menghambat polifenol keratinosit, yang berkonstribusi terhadap obstruksi folikel dalam pembentukan lesi jerawat.

Itulah 3 jenis makanan untuk hilangkan jerawat yang bisa dikonsumsi. Dibalik rasanya yang nikmat, beberapa jenis makanan di atas diketahui memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk mengatasi jerawat. Selain melakukan diet dengan mengonsumsi makanan antijerawat, Anda juga harus menjaga kebersihan kulit wajah dengan cara membersihkannya secara rutin. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *