Khasiat Pare untuk Hilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya

31 Jan

Khasiat Pare untuk Hilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya,- Pare atau dikenal juga dengan nama peria termasuk jenis sayuran yang biasanya diolah untuk dikonsumsi. Namun, mungkin banyak yang tidak menyukai jenis sayuran ini, pasalnya pare memiliki rasa yang cukup pahit.

Namun, dibalik rasanya yang pahit, ternyata pare ini juga menyimpan beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satunya yaitu dapat membantu menghilangkan jerawat secara alami.

Mengetahui Kandungan dan Kahsiat Pare untuk Bantu Hilangkan Jerawat

Pare merupakan buah yang kaya akan kandungan serat. Rasa pahit buah ini disebabkan oleh kandungan cucurbitacins. Buha ini juga mengadnung vitamin A, B, C, asam amino, kalsium, fosfor, dan beta-karoten. Kandungan beta-karoten merupakan zat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan ini juga merupakan zat yang dapat memperkuat jaringan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Kandungan vitamin C yang ada didalam pare juga berkontribusi dalam menjaga kecantikan kulit. Vitamin C dapat emmbantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Selain itu, pare juga memiliki kandungan antimikroba dan antipembengkakan yang berfungsi sebagai serum untuk meredakan jerawat, garis senyum, mengurangi panas akibat ruam, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan khasiat pare untuk hilangkan jerawat, Anda bisa mengolahnya menjadi masker wajah, caranya :

Bahan :

  • 1 buah tomat, buang bijinya
  • Pare, buang bijinya
  • Air jeruk nipis

Cara membuat :

  • Masukkan tomat ke dalam blender dan hancurkan sampai halus, kemudian sisihkan.
  • Ambil pare dan haluskan dengan blender terpisah. Saring dan ambil sarinya.
  • Campurkan pare dan tomat dengan jumlah yang sama dalam mangkuk, tambahkan air jeruk nipis dan aduk hingga rata.
  • Oleskan campuran tersebut ke wajah dan leher, kemudian diamkan semalaman.
  • Bersihkan wajah dan leher dengan air hangat di pagi hari.
  • Ulangi proses ini setiap hari untuk mendapatkan kulit bersinar.

Masker ini berkhasiat untuk mengecilkan pori, mengurangi jerawat, ruam, dan menghilangkan kulit kusam. Selain itu, campuran jeruk nipis di dalamnya juga akan membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan kulit mati serta mengurangi kelebihan minyak di wajah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *