Kesalahan saat Merias Wajah yang Memicu Timbulnya Jerawat

26 Dec

Kesalahan saat Merias Wajah yang Memicu Timbulnya Jerawat,- Masalah jerawat memang sering dialami oleh mereka yang masih remaja atau pubertas, baik itu pada paria ataupun wanita. Namun, tidak sedikit pula orang-orang dewasa yang masih mengalami jerawat.

Pada wanita, masalah jerawat bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Selain itu, kebiasaan menggunakan make up yang salah ternyata juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat yang semakin parah.

Beberapa dermatologi telah merangkum beberapa kesalahan saat merias wajah yang memicu timbulnya jerawat yang sering dilakukan , yaitu :

  • Menggunakan aplikator make up yang kotor

Jarang membersihkan aplikator make up, seperti kuas, beautyblender, atau spons bis amenyebabkan timbulnya jerawat. Cristina Bartolucci, seorang celebrity make up artist menyarankan agar kuas make up dirawat seperti layaknya rambut pada kepala.

Cucilah kuas make up setiap 1 minggu sekali. Dengan begitu, maka bakteri yang terdapat pada bulu-bulu kuas akan bersih. Sedangkan untuk spons make uo, Cristina menyaranakn agar membersihkannya dengan menggunakan sabun dan air hangat. Peras beberapa kali hingga bersih.

  • Menyamarkan jerawat dengan banyak foundation

Wajah yang berjerawat memang sering membuat banyak wanita merasa tidak percaya diri. Akibatnya, mereka akan menutupi atau menyamarkan jerawat tersebut dengan menggunakan foundation yang cukup tebal. Hal tersebut membuat proses penyembuhan jerawat semakin lama dan memperparah iritasi. Ketika berjerawat, sebaiknya hindri penggunaan make up untuk menghindari timbulnya masalah infeksi.

  • Menggunakan foundation yang salah

Menurut dermatologist David Lortscher, secara teknis sebagian ebsar make up tidak menyebabkan jerawat. Namun, beberapa bahan yang terkandung didalamnya emang bisa menyumbat pori-pori, sehingga jerawat bisa dengan mudah timbul. Jika sudah berjerawat, maka sebaiknya pilihlan foundation dan produk make up yang berlabel non komedogenic, hypoallergenic, atau berbahan dasar mineral untuk mengurangi risiko kulit iritasi dan pori-pori wajah tersumbat.

  • Mengaplikasikan make up dengan jari tangan

Jari tangan sejatinya terdapat banyak bakteri yang bisa memicu iritasi kulit, terlebih lagi jika digunakan untuk mengaplikasikan make up. Sebagai solusinya, sebaiknya gunakan kuas make up atau spons untuk memulaskannya. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kuas atau spons make up yang sering digunakan.

  • Tidak membersihkan wajah di malam hari

Dermatologist Joshua Zeichner menyarankan agar selalu membersihkan make up setiap malam setelah beraktivitas. Selama satu hari penuh, kotoran dan minyak menempel pada wajah dan bisa menimbulkan jerawat. Penggunaan make up remover saja tidak cukup, apalagi bagi Anda yang sering menggunakan full make up/ Zeichner merekomendasikan untuk melakukan double cleansing sebelum tidur di malam hari.

Baca juga :

Obat Tradisional untuk Kempeskan Jerawat
Obat Jerawat Rekomendasi Terbaik
Obat Jerawat untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *