Kebiasaan yang Dapat Menimbulkan Jerawat

29 Jul

kebiasaan yang dapat menimbulkan jerawat

Ketika jerawat timbul, kebanyakan dari kita merasa kensal dan jengkel bahkan sering menyalahkan makanan ataupun hormon yang menyebabkan timbulnya jerawat tersebut. Padahal, tanpa kita sadari banyak kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan yang bisa memicu timbulnya jerawat. Kebiasaan ini mungkin saja tidak disadari dan dianggap tidak menjadi masalah. Padahal, ternyata bisa memicu timbulnya jerawat.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu timbulnya jerawat :

  • Memilih Produk Kecantikan yang Salah

Sangat penting untuk memperhatikan dan memilih kosmetik yang tepat dan sesuai dengan tipe kulit kita. Karena ada produk yang dapat memperbesar dan juga menghalangi pori-pori kulit, Hal ini tentu dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Penggunaan kosmetik yang berminyak juga dapat menimbukan jerawat. Karena produk ini dapat menyumbat pori-pori wajah, sehingga mudah berjerawar dan iritasi.

  • Terlalu Sering Mencuci Wajah

Banyak orang yang selalu berusaha untuk menjaga kebersihan wajah mereka dengan cara mencuci wajah. Tapi, perlu Anda ketahui, bahwa mencuci wajah yang terlalu sering justru memiliki dampak yang kurang baik untuk kulit dan malah dapat memburuk keadaan jerawat dan membuatnya semakin parah. Tapi tidak membersihkan kulit wajah sama sekali juga kurang baik. Jangan lupa untuk membersihkan kulit wajah sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa make up yang menempel di wajah hilang, sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah dan membuat proses peremajaan kulit.

  • Sering Menyentuh Kulit Wajah

Tanpa kita sadari kita sering menyentuh kulit wajah dengan tangan secara langsung. Kebiasaan ini tentunya dapat membuat bakteri dan kuman yang ada ditangan dapat berpindah ke kulit wajah. Akibatnya, bakteri dan kuma tersebut akan menyebabkan infeksi pada kulit wajah, dan salah satunya adalah jerawat. Menyentuh jerawat yang sudah muncul juga bisa menyebabkan jerawat semakin parah dan meradang. Maka dari itu, jika ingin menyentuh waja, pastikan terlebih dahulu tangan dalah keadaan bersih.

  • Menggosok Wajah Terlalu Keras

Menggosok wakah merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membersihkan kulit, baik membersihkan dari keringat ataupun setelah mencuci wajah. Tapi, banyak orang yang memiliki kebiasaan menggosok wajah yang buruk, seperti menggosok wajah terlalu keras dengan menggunakan handuk, saputangan, tissue, atau peralatan lain dengan tjuan agar lebih bersih. Padahal hal tersbut salah. Karena menggosok wajah yang terlalu keras dapat menyebabkan kulit iritasi dan dapat memperparah jerawat yang ada. Mulai dari sekarang, sebaiknya ubah kebiasaan membersihkan permukaan wajah tersebut dengan menggunakan pembersih yang lembut tanpa sabun dengan dipadukan air suam-suam kuku.

  • Menggunakan Peralatan Make Up yang Kotor

Mungkin kini Anda harus lebih memperhatikan lagi spons, sikat, dan peralatan make up yang lain yang sering digunakan. Alat make up pebuh dengan bakteri dan sel kulit mati yang membuatnya menjadi sumber jerawat. Bersihkan alat make up minimal sekali seminggu untuk membuat peralatan dan kulit bebas dari kuman dan bakteri.

  • Produk Rambut yang Digunakan

Perhatikan pula produk rambut yangs ering And agunakan. Produk yang mengandung minyak, silikon, dan plasticizer dapat menyumbat pori-pori jika rambuh menyentuh kulit. Jika Anda memiliki potongan rambut yang berponi, maka sebaiknya hindari menggunakan produk rambut yang mengandung bahan-bahan tersbet.

Selain beberapa kebiasaan diatas, masih banyak kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari sering kita lakukan dan bisa memicu tibulnya jerawat, seperti pola makan yang kurang sehat, waktu tidur yang tidak teratur, merokok, menggunakan pakaian yang salah, menyemprotkan parfum, stress, dan sebagainya. Maka dari itu, selalu perhatikan rutinitas yang selalu Anda lakukan setiap harinya, agar kita bisa menjaga kulit tetap bersih dan bebas jerawt.

Jika jerawat terlanjur muncul, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan  Green World Anti Acne Cream yang merupakan cream antijerawat yang mampu mengobati jerawat secara alami dan aman.

penyebab jerawat pada bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *