Jerawat Meradang? Coba Atasi dengan Metode Suntik Jerawat

17 Apr

Jerawat Meradang? Coba Atasi dengan Metode Suntik Jerawat,- Meskipun jerawat bukan termasuk masalah yang mengancam, namun keberadaannya bisa merusak penampilan. Terlebih lagi jika jerawat meradang, tentu ini akan menimbulkan rasa perih. Belum lagi jika jerawat meradang dan bernanah. Selain menimbulkan rasa sakit ketika disentuh, jerawat juga dapat mengganggu penampilan.

Jika sudah seperti ini, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat meradang ?

Diketahui ada metode yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan jerawat meradang secara instan, hanya dalam 1 sampai 2 hari. Metode ini disebut dengan suntik jerawat.

Suntik jerawat merupakan salah satu perawatan untuk mengatasi jerawat parah yang meradang, seperti jerawat batu atau jerawat kista. Suntikan ini diisi dengan cairan kimia bernama steroid yang bersifat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan.

Jerawat akan lebih cepat kempes dan sembuh dalam beberapa jams etelah mendapatkan suntik. Selain itu, suntik jerawat juga bisa mengurangi risiko timbulnya bekas jerawat. Jadi, jika Anda memiliki jerawat yang meradang beberapa hari sebelum acara penting, maka metode ini mungkin bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan jerawat secara cepat.

Namun, perlu diketahui, prosedur ini tidak direkomendasikan untuk mengatasi jerawat ringan samapi sedang, seperti jerawat komedo.

Baca juga : Obat Jerawat Gatal dan Meradang untuk Remaja

Apakah metode ini aman dilakukan ?

Suntik jerawat aman jika dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) yang berkompeten di bidang dermatologi. Hal ini disebabkan karena prosedur penyuntikkan hingga penentuan dosis obat yang digunakan harus benar dan tepat. Namun, jika prosedur yang dilakukan tidak sesuai, maka suntik jerawat bisa menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti timbulnya bopeng.

Prosedur ini juga aman dilakukan di bagian tubuh selain wajah, asalkan jenis jerawatnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Selain itu, tidak ada batasan usia untuk melakukan prosedur ini. Namun, sebelum melakukan suntik jerawat, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Perlu dipahami bahwa suntik jerawat bukan untuk mengobati jerawatnya, tetapi untuk mengatasi reaksi radang hebat yang sedang terjadi. Maka dari itu, suntik jerawat dilakukan jika diperlukan saja, bukan prosedur rutin yang bisa dilakukan setiap kali jerawat timbul. Pengobatan jerawat pun tetap harus dikombinasikan dengan perawatan jerawat lain seperti penggunaan krim jerawat ataupun obat jerawat minum.

Sama halnya dengan prosedur suntik lainnya, suntik jerawat ini juga bisa menimbulkan efek samping berupa nyeri dan kemerahan di area suntik. Pasien juga mungkin akan mengalami reaksi alergi jika sensitif terhadap obat-obatan steroid. Jika sudah begini, maka segeralah berkonsultasi kembali pada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.

Efek samping lainnya yang mungkin terjadi adalah timbulnya bopeng atau atrofi, yaitu penyusutan jaringan otot atau kulit pada area bekas suntikan. Namun, efek samping ini umumnya terjadi jika prosedur ini bukan dilakukan oleh dokter sp.KK dengan dosis dan cara penyuntikkan yang tidak tepat, sehingga akan membuat kulit menjadi rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *