Inilah yang Harus Dilakukan Jika Jerawat Pecah

27 Mar

Inilah yang Harus Dilakukan Jika Jerawat Pecah,- Jerawat memang merupakan salah satu masalah kulit terbesar yang paling bikin kesal penderitanya. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga bisa membuat kita tidak nyaman. Kulit akan menjadi terasa perih dan kemerahan.

Ketika mengalami masalah kulit yang satu ini, kita sering kali ingin memencetnya agar pecah dan cepat sembuh. Namun, memencet jerawat atau memecahkan jerawat bukanlah jalan keluar agar jerawat bisa sembuh, justru hal ini akan membuat jerawat semakin meradang dan juga akan menimbulkan luka yang kemudian menyebabkan bekas jerawat yang sangat mengganggu penampilan dan lebih sulit untuk dihilangkan.

Memecahkan jerawat sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan luka dan infeksi. Jerawat yang pecah akan lebih sulit untuk diatasi, maka dari itu hindarilah memecahkan jerawat. Namun, bagaimana jika jerawat tidak sengata kita pecahkan atau pecah dengan sendirinya ? Apa yang harus kita lakukan ?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika jerawat pecah agar tidak menimbulkan infeksi, diantaranya adalah :

  • Bersihkan luka

Jerawat pecah akan menyebabkan inflamasi dan pendarahan kecil di area kulit tersebut. Pertolongan pertama untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan membersihkan luka dengan air dingin terlebih dahulu. Pastikan darah sudah berhenti mengalir. Selain itu, bisa basuh wajah dengan face wash yang kandungannya tidak membuat kulit iritasi, seperti salicylic acid, glycolic acid, atau benzoyl peroxide.

Namun, jika darah yang keluar cukup banyak, maka Anda bisa mengompres area luka dengan tisu wajah. Atau gunakan kain hangat untuk mengompres dan menghentikan pendarahannya.

  • Obati jerawat

Setelah jerawat dibersihkan dan dikompres, langkah selanjutnya yaitu obati jerawat. Pengobatan jerawat pecah berbeda dengan pengobatan jerawat pada umumnya. Untuk mencegah infeksi pada jerawat pecah, oleskan krim antibiotik di luka bekas jerawat. Cukup gunakan di area luka jerawat saja, jangan berlebihan. Atau jika tidak memiliki krim antibiotik, bisa juga dengan menggunakan obat merat atau betadin untuk membuat lukanya sembuh.

  • Hindari menyentuh kulit wajah secara langsung

Hindari menyentuh kulit wajah yang berjerawat secara langsung. Hal ini untuk menghindari perpindahan kuman dari tangan ke jerawat atau sebaliknya yang membuat kondisi jerawat semakin parah. Memang saat berjerawat, terlebih saat jerawat pecah sering kali tak tahan untuk menyentuh atau menggaruk jerawat, namun Anda harus menahan diri untuk tak menyentuh atau menggaruknya agar terhindari dari infeksi atau kondisi jerawat yang semakin parah.

  • Hindari menggunakan make up

Selama jerawat belum sembuh, sebaiknya hindari penggunakan make up terlebih dahulu. Penggunaan make up akan menyebabkan make up masuk ke dalma dan menyebabkan timbulnya bakteri hingga jerawat meradah dan infeksi. Biarkan kulit wajah tetap bersih terlebih dahulu agar kulit bisa bernapas hingga jerawat sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *