Inilah Alasan Kenapa Stres Bisa Jadi Penyebab Jerawat

4 Jan

Inilah Alasan Kenapa Stres Bisa Jadi Penyebab Jerawat,- Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh semua orang. Meskipun bukan termasuk penyakit kronis, namun jerawat merupakan masalah yang cukup serius. Hal ini disebabkan karena jerawat dapat merusak penampilan yang membuat penderitanya tidak percaya diri.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan timbulnya jaerawat di kulit. Misalnya malas membersihkan kulit wajah, penggunaan make up yang berlebihan atau menggunakan make up yang tidak sesuai dengan jenis kulit, sering menyentuh kulit dengan tangan kotor, paparan sinar matahari, dan sebagainya. Tidak hanya itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor internal, seperti stres.

Pada konteks ini, jaerawat dapat menjadi suatu hal yang menyebabkan stres. Namun, apakah stres bisa menyebabkan jerawat ?

Tidak hanya dapat menimbulkan masalah pada kesehatan, stres juga bisa menimbulkan masalah pada kecantikan, seperti rambut rontok, penuaan, jerawat, dan sebagainya.

Ada beberapa alasan kenapa stres bisa jadi penyebab jerawat. Saat stres tubuh mengeluarkan hormon stres sebagai bentuk respon. Hormon ini membawa darah dari kulit ke otot dan organ-organ lain. Stres yang kronis bisa menghilangkan oksigen dan nutrisi yang ada di kulit sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain itu, sel kulit mati memiliki reseptor atas hormon stres, dan reseptor tersebut akan bereaksi ketika terbuatnya sebum. Nah, sebuh sendiri adalah himpunan bakteri yang akan menyumbat pori-pori kulit. Saat sebum tersebut menyumbat pori-pori kulit, maka timbulah jerawat atau komedo.

Saat stres, sebum dan minyak akan diproduksi semakin banyak dari biasanya. Hal ini pula yang menjadi penyebab timbulnya jerawat saat stres.

Tidak hanya itu, biasanya cara kita mengatasi stres juga sering merusak kulit. Misalnya seperti kebiasaan menggigit kuku, mencubit kulit atau memutar-mutar rambut tampa disadari dilakukan saat sedang mengalami stres. Ketika menngigit kuku sebenarnya dapat membuat kuman berpindah ke wajah sehingga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca juga :

Ciri-Ciri Jerawat Karena Stres dan Cara Mengatasinya
Obat Tradisional Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *