Faktor Penyebab Jerawat Berdasarkan Lokasi Timbulnya

31 Oct

faktor penyebab jerawat berdasarkan lokasi timbulnya

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya kulit berjerawat. Tapi apakah Anda tahu bahwa lokasi timbulnya jerawat yang berbeda dapat menjadi indikator permasalahan apa yang sedang terjadi dalam tubuh. Menurut Joshua Zeichner, MD, seorang ahli kulit dari Departement Dermatology Mount Sinai Hospital di New York, kulit manusia berfungsi sebperti billboard yang menunjukkan apa yang terjadi dalam tubuh. Kehadiran jerawat sebenarnya sebuat pesan kesehatan dan kebersiahn tubuh.

Berikut ini beberapa lokasi timbulnya jerawat beserta estimasi tanda yang kira-kira terjadipada tubuh :

  • Garis Rambut

Pernahkan Anda mendapati jerawat yang timbul di sekitar garis rambut ? Hal ini disebabkan karena penggunaan produk rambut yang menutupi kulit wajah, sehingga menghambat pori-pori.

  • Dahi dan Hidung

Stres merupakan penyebab utama dari timbulnya jerawat pada bagian dahi dan hidung. Stress dapat memicu jerawat untuk melepaskan adrenalin yang meningkatkan produksi minyak pada bagian ini dan meningkatkan munculnya jerawat.

  • Pipi

Tangan atua handphone kotor sering menyentuh bagian ini. Maka dapat berakibat kotoran menumpuk dan menghambat pori-pori atau membuat timbulnya kehadiran bakteri di sekitar area tersebut.

  • Sekitar Mulut

Makanan yang dikonsumsi menjadipenyebab dari munculnya jerawat pada daerah sekitar mulut. Residu dari makanan asam seperti lemon dan cuka dapat mengiritasi kulit yang menyebabkan peradangan. Tidak hanya itu, sisa makanan yang berminyak di area sekitar mulut dapat membuat kandungan minyak yang menempel disekitar mulut menutup pori-pori mulut.

  • Dagu, Rahang, dan Leher

Bagi perempuan, jerawat di daerah ini biasanya muncul menjelang menstruasi. Adanya perubahan hormon testosteron membuat kelenjar kulit lebih banyak menghasilkan minyak yang berujung pada tersumbatnya pori-pori yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

  • Dada dan Punggung

Salah dalam memilih bra ataupun bahan kaos bisa memicu timbulnya jerawat di daerah ini. Bahan pakaian yang tidak meyerap keringat dapat menyebabkan lembab sehingga bakteri penyebab jerawat tumbuh disekitar dada ataupun punggung. Dokter Zeichner menyarankanuntuk menggunakan bahan katun dalma berbagai kesempatan, terutama ketika berolahraga.

Ternyata jerawat yang timbul dibeberapa lokasi tubuh memiliki penyebab yang berbeda. Dan tentunya Anda juga harus tetap menjaga kebersihan kulit untuk mencegah timbunya jerawat.

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *