Faktor Penyebab Jerawat Batu Di Wajah

1 Apr

Jerawat memang selalu menjadi masalah yang cukup  mengganggu penampilan. Jeawat akan membuat wajah  terlihat kotor dan tampak tidak sehat. Terdapat 3 macam  jenis jerawat yang sering menimp akulit, diantaranya adalah  jerawat berupa komedo, jerawat biasa, dan jerawat batu.  Tapi, untuk saat ini yang akan dibahan adalah mengenai  jerawat batu.

faktor penyebab jerawat batu
Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang memiliki ukuran  yang lebih beasar dari jenis yang lainnya, berwarna hitam,  dapat menimbulkan peradangan yang cukup parah, serta  sulit untuk disembuhkan. Meskipun sembuh, tapi jerawat  batu ini akan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk  dihilangkan, bahkan bisa bersifat permanen. Bila terserang  jerawat batu, biasanya wajah akan terlihat bengkak karena  jerawat yang timbul bergerombol atau berkelompok,  bertekstur kasar, meradang dan kemerahan. Bila jerawat  batu timbul diarea wajah, maka bukan hanya dapat  menurunkan rasa percaya diri, namun juga aktivitas sehari- hari dapat terganggu karena timbulnya rasa sakit dan pedih.

Faktor Penyebab Jerawat Batu Diwajah

Jerawat batu dapat disebabkan oleh banyak hal, secara  umum terdapat  beberapa faktor yang dapat menyebabkan  jerawat batu, diantaranya adalah sebagai berikut :

    • Gaya Hidup
      Gaya hidup, terutama yang berhubungan dengan jenis  makanan yang sering dikonsumsi. Sejumlah makanan tertentu  yang mengandung lebih banyak lemak dan karbohidrat dapat  menjadi pemicu timbulnya jerawat batu. Selain itu, faktor  stress juga bisa memicu timbulnya jerawat batu.
    • Faktor Genetik
      Selain gaya hidup, faktor genetik atau faktor keturunan juga  menjadi salah satu dari penyebab timbulnya jerawat batu.  Anak-anak yang lahir dari orang tua dengan riwayat jerawat  batu cenderung akan mengalami hal yang sama dengan orang  tuanya.
    • Alergi
      Alergi terhadap jenis makanan tertentu, pada umumnya  disebabkan karena makanan dari jenis seafood, seperti  ikan, udang, kerang, dan sebagainya.
    • Kondisi Kulit
      Kulit yang sangat berminyak merupakan pemicu utama  terjadinya jerawat batu. Kulit berminyak bisa disebabkan  karena faktor hormonal, diet tinggi lemak dan karbohidrat  atau karena udara panas. Selain itu, kulit yang mudah  berkeringat juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat  batu.
    • Sel Kulit Mati
      Regenerasi sel kulit yang lambat pun bisa menyebbakan  jerawat batu timbul. Hal ini biasanya terjadi pada usia  dewasa dengan ciri-ciri kulit mati yang tidk sempurna.
    • Sinar Matahari
      Paparan sinar matahari yang terlalu lama dan dengan  intensitas tinggi juga dapat menjadi pemicu timbulnya  jerawat batu. Meski telah diketahui bahwa sinar matahari  mengandung faktor pembentuk vitamin D, namun jika  terpapar sinar dalam waktu yang lama dengan intensitas  tinggi, kulit bisa mengalami kerusakan, terutama pada  daurah wajah. Kerusakan kulit wajah bisa menjadi awal  timbulnya jerawat batu.
    • Kosmetik Wajah
      Pemakaian kosmetik wajah yang berlebihan, misalnya cream  wajah, bedak, dan sebagainya yang mengandung bahan  berbahaya. Hampir semua kosmetik wajah mengandung  bahan kimia yang jika dipakai secara berlebihan dalam  waktu yang lama sangat berpotensi menjadi perusakan kulit  wajah dan bisa menyebabkan timbulnya masalah pada kulit  wajah, salah satunya adalah jerawat batu.
    • Penyumbatan Kelenjar Kulit
      Jika kelenjar sebacea pada kulit wajah tersumbat akibat  kotoran, debu yang bercampur keringat, atau minyak dari  pori-pori wajah, maka dapat menyebabkan terjadinya  jerawat batu.
    • Bakteri
      Bakteri juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat batu,  karena bakteri dapat berkembang biak didalam kelenjar  kulit yang tersumbat dan menghasilkan toksin yang dapat  menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Mengatahui faktor penyebab jerawat batu diwajah  merupakan salah satu langkah pencegahan agar jerawat bati  tidak timbul. Jika salah satu penyebabnya adalah kosmetik,  maka sebaiknya bersihkan wajah secara teratur terutama  sebelum tidur dan sesudah menggunakan kosmetik. Namun,  jika penyebabnya gaya hidup, Anda bisa mencegahnya  dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung  minyak. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *