Ciri-Ciri Jerawat Karena Stres dan Cara Mengatasinya

10 May

Ciri-Ciri Jerawat Karena Stres dan Cara Mengatasinya,- Stres memang dapat menimbulkan berbagai efek samping pada tubuh, salah satunya adalah memicu jerawat yang dapat mengganggu penampilan.

Masalah kulit jerawat ini tidak bisa hanya diobati dengan menggunakan pengobatan luar seperti obat jerawat, masker, facial foam, atau lotion anti jerawat, dan lain sebagainya. Dan yang lebih menyebalkan, jerawat ini lebih sensitif dari jerawat pada umumnya. Ia akan segera teribnfeksi jika Anda sering memencet dan menyentuhnya dengan tangan yang kotor. Akibatnya, bekas jerawat juga menjadi masalah kedua setelah jerawat kering.

Berikut ini beberapa ciri-ciri jerawat karena stress yang perlu diketahui :

  • Muncul ketika sedang tidak menstruasi
  • Lebih cepat memerah dan berkembang banyak
  • Ada rasa gatal didalamnya, dan sulit disembuhkan hanya dengan obat jerawat saja
  • Timbul dalam waktu yang sangat singkat, seperti setelah begadang aatu kurang tidur, atau ketika sedang memiliki masalah

Agar jerawat tidak semakin banyak, berikut ini beberapa cara mengatasi jerawat karena stres yang bisa dilakukan, diantaranya adalah :

Hindari menyentuh wajah

Ketika tengah stres, secara tidak sadar ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang sulit untuk dihilangkan, seperti mengusap wajah atau meemncet wajah yang ditumbuhi jerawat.

Jika tangan dalam kondisi tidak higienis, sebaiknya hindari menyentuh wajah dan mengusapnya. Bakteri yang ada di tangan dapat dengan cepat berpindah ke kulit. Jangan juga memencet jerawat ketika sedang stres karena efeknya akan semakin buruk.

Jangan lewatkan mencuci muka

Hal sederhana seperti mencuci muka dengan sabun dua kali sehari dapat membantu untuk mencegah timbunya jerawat. Selain itu, Anda juga bsia melakukan eksfoliasi pengelupasan kulit mati, dan gunakan pelembab setiap harinya.

Jika Anda beraktivitas di luar ruangan, maka sempatkan diri untuk mencuci muka 3 kali sehari. Pilihlah pembersih muka yang mengandung bahan pembasmi jerawat seperti benzoyl peroxide atau sulfur.

Cukup tidur

Seorang dermatologis yang berbasis di New York, Dr. Sobel, merekomendasikan untuk tidur selama 8 jam sehari ketika Anda tengah dilanda stres agar jerawat tidak muncul. Namun, jika wajah sudah mulai dipenuhi jerawat, maka gunakanlah krim atau skincare yang bisa digunakan di malam hari dan bekerja saat Anda tengah terlelap.

Ubah pola makan

Pola makan yang kurang tepat dapat memicu timbulnya jerawat. Makad ari itu, sangat disaranakn untuk mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan rendah kadar glikemik seperti ubi serta kacang-kacangan dan sayur yang kaya akan antioksidan.

Cari hal yang menyenangkan

Meskipun hal ini terdengar sulit dilakukan saat sedang stres, namun mencari sesuatu yang dapat menenangkan bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat. Luangkan waktu untuk melakukan hal yang bisa menenangkan diri seklaigus mengurangi kadar stres, seperti yoga atau meditasi. Lakukan hal ini dengan intensitas waktu yang sering sampai Anda merasa lebih rileks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *