Cara Tepat Memilih Produk Skin Care Untuk Kulit Kombinasi

14 Nov

Cara Tepat Memilih Produk Skin Care Untuk Kulit Kombinasi,- obatjerawatcina.com – Siapapun pasti ingin memiliki kulit yang bersih dan juga sehat, terutama wanita. Maka tak heran jika banyak orang yang menggunakan berbagai produk skin care untuk menjaga kesehatan kulitnya.

Walaupun begitu, terkadang ada saja masalah kulit yang timbul akibat salah memilih produk perawatan kulit. Sebelum memilih produk skin care, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda, apakah berminyak, kering, atau kombinasi.

Nah, pada artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkap seputar cara memilih produk skin care untuk kulit kombinasi yang tepat. Simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Cara Memilih Produk Skin Care

Cara Memilih Produk Skin Care Untuk Kulit Kombinasi yang Tepat

Kulit kombinasi adalah perpaduan kulit berminyak dan kulit kering. Merawat jensi kulit seperti ini pasti menjadi tantangan tersendiri. Terlebih lagi dalam memilih produk perawatan kulit.

Kulit kombinasi menandakan bahwa area kulit tertentu lebih kering dan area lainnya terlalu berminyak. Area kulit yang berminyak biasanya yaitu hidung, dahi, dan dagu. Area ini dikenal juga dengan nama T-zone. Selain area kulit tertentu yang lebih berminyak atau kering, kulit kombinasi kuga terkadang membuat pori-pori terlihat lebih besar dan berkomedo.

Untuk merawat kulit kombinasi, berikut ini merupakan beberapa cara memilih produk skin care untuk kulit kombinasi yang tepat, yaitu diantaranya :

Pilihlah produk khusus untuk kulit kombinasi

Terdapat banyak produk skin care yang dibuat khusus untuk jenis kulit tertentu. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, Anda tidak boleh asam memilih sabun pembersih, toner, dan produk skin care lainnya yang diformulasikan untuk kulit kering, normal, atau berminyak.

Pasalnya, menggunakan skin care yang tidak sesuai dengan jenis kulit justru akan memperburuk kondisi kulit sehingga jadi lebih sensitif dan rentan mengalami iritasi.

Baca kandungan bahan aktifnya

Ada banyak produk skin care yang dibutuhkan untuk merawat kulit. Mulai dari sabun pembersih, toner, krim tabir surya, pelembab, dan produk lainnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk produk skin care untuk kulit kombinasi yaitu :

  • Pembersih wajah : Sebaiknya pilih produk pembersih yang berbasis air, bukan minyak. Pembersih yang berbasis air lebih efektif untuk menghilangkan kotoran dan mencegah terjadinya penyumbatan minyak di pori-pori. Kemudian pilih tekstur pembersih yang lembut seperti bentuk gel atau krim.
  • Toner : Walaupun astringent juga termasuk bahan pembersih, namun toner dianggap lebih aman untuk kulit kombinasi. Astringent umumnya mengandung alkohol yang cenderung membuat kulit kering. Jika Anda menggunakan pembersih ini, kemungkinan area kulit yang kering akan semakin kering dan menimbulkan iritasi. Sedangakn untuk toner, sebaiknya pilihlah yang bebas alkohol. Kandungan toner yang baik untuk kulit kombinasi yaitu yang berbasis air, dan antioksidan dari teh hijau, lidah buaya, jamur white jelly, stroberi, anggur, cendana, serta pantenosida.
  • Pelembab : Bahan aktif pelembab yang baik untuk kulit kombinasi adalah gliserin, niaciamide, asam hialuronat, vitamin A, B, C, dan D. Semua bahan tersebut dapat menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan meningkatkan produksi sel baru dan kolagen. Pelembab harus bebas dari minyak untuk mencegah terbentuknya jerawat akibat penyumbatan minyak.
  • Tabir surya : Tabir surya bebas minyak cukup aman digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kombinasi saat berada di luar ruangan. Tabir surya ini dapat membantu mencegah pembentukan jerawat di area kulit yang berminyak.

Lakukan uji sensitivitas

Walaupun skin care yang Anda pilih diformulasikan untuk kulit kombinasi, namun belum tentu cocok untuk Anda. Jadi, sebaiknya lakukan uji sensitivitas terlebih dahulu setiap mencoba produk baru. Beli produk berukuran kecil dan gunakanlah sedikit pada area kulit tertentu.

Jika dalam beberapa jam Anda merasa tidak nyaman seperti timbul rasa gatal atau kemerahan, maka sebaiknya hentikan penggunaan. Jika produk yang akan digunakan lebih dari satu, maka uji coba produknya satu per satu, jangan langsung bersamaan, Menggunakan 2 produk baru secara bersamaan bisa membuat Anda sulit untuk menilai efektivitas produk.

Nah, itulafh beberapa cara memilih produk skin care untuk kulit kombinasi yang tepat. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk mencari berbagai produk perawatan kulit yang tepat untuk kulit, sehingga kesehatan kulit Anda tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *