Cara Mudah Membersihkan Sposn Make Up untuk Cegah Jerawat

2 May

Cara Mudah Membersihkan Sposn Make Up untuk Cegah Jerawat,- Spons atau kuas merupakan salah satu alat kecantikan yang umum digunakan. Benda tersebut dapat membantu mengaplikasian make up pada kulit wajah. Namun, menggunakan kuas dan spons yang kotor tanpa pernah membersihkannya ternyata merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu membuang kuas atau spons make up kesayangan Anda. Pasalnya, untuk mencegah timbulnya jerawat akibat bakteri yang bersarang, Anda bisa membersihkan spons atau kuas tersebut secara berkala.

Berikut ini merupakan cara mudah membersihkan spons make up untuk cegah jerawat yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Menggunakan sabun cair

Sebagian besar perempuan memiliki sabun bayi uang memiliki kandungan dan formula yang lembut untuk mencuci sponsn make up. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Basahi spons make up, tuangkan sabun secukupnya, kemudian bersihkan make up yang menempel dalam spons dengan cara memijat atau meremas spons beberapa kali, dan bilas dengan air.

Ulangi langkah ini hingga spons bersih dari sisa make up dan air bilasan tidak berwarna keruh. Terakhir, keringkan spons dengan handuk bersih, dan jemur di tempat terbuka hingga benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

  • Pilih sabun khusus pembersih alat make up

Cara yang satu ini terbilang paling efektif untuk membersihkan spons make up. Sabun ini didesain dan diformulasikan khusus agar dapat membersihkan spons seefektif mungkin. Bentuknya pun cukup beragam, ada yang memiliki bentuk padat, ataupun cair.

  • Gunakan minyak zaitun dan sabun cuci piring

Campurkan 1 senok minyak zaitun dengan 2 sendok sabun cuci piring dalam wadah. Balurkan spons make up dalam campuran ini sambil dipijat lembut hingga spons bersih dari sisa make up, kemudian bila dan keringkan.

Untuk menghindari rasa berminyak dari minyak zaitun, Anda juga bisa membersihkan spons make up dengan minyak zaitun terlebih dahulu, kemudian mencucinya dengan sabun cuci piring sebelum dibilas hingga bersih.

  • Menggunakan microwave

Siapkan wadah yang dapat dipanaskan dalam microwave, isi dengan air dan sabun secukupnya. Masukkan spons make up ke dalam wadah, panaskan selama 1 menit. Setelah itu, tunggu hingga air dalam wadah tidak terlalu panas, keluarkan spons, kemudian cuci seperti biasa dengan cara dipijat lembut hingga sisa make up keluar.

Selain membantu mengeluarkan sisa make up, panas dari microwave juga akan membantu membunuh bakteri yang terdapat pada spons make up. Walaupun mudah, cara ini mungkin akan membuat usia spons tidak terlalu lama. Suhu microwave yang digunakan pun harus di set rendah.

 

Baca juga :

Tips Memilih Kosmetik yang Aman Sesuai Anjuran BPOM
Tips Memilih Kosmetik yang Tepat
Obat Jerawat Gatal dan Meradang untuk Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *