Cara Mudah dan Aman Atasi Kulit Berminyak pada Ibu Hamil

16 Jun

Cara Mudah dan Aman Atasi Kulit Berminyak pada Ibu Hamil,- Meskipun sedang hamil, tentu tidak sedikit ibu yang tetap memperhatikan setiap penampilannya agar tetap terjaga dan terawat dengan baik, terutama pada kulit wajah. Salah satu masalah kulit wajah yang bisa ditimbulkan akibat perubahan hormon selama kehamilan ini yaitu kulit berminyak.

Kulit berminyak merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat saat hamil. Minyak yang menumpuk di pori wajah menutip sirkulasi udara dalam jaringan epidermis dan menyebabkan pori kulit tersumbat.

6 Cara Mudah dan Aman Atasi Kulit Berminyak pada Ibu Hamil

Cara Mudah dan Aman Atasi Kulit Berminyak pada Ibu Hamil

Walaupun tidak ada cara untuk menghambat terjadinya produksi minyak berlebih pada wajah selama kehamilan, namun bukan berarti Anda akan mengalami masalah dengan kulit berminyak dan tidak daat dilakukan pencegahan yang dapat mengurangi risikodari bahaya kulit berminyak. Jika kulit Anda terlalu berminyak, maka pastikan Anda untuk selalu mencuci wajah dengan pembersih ringan dan bebas minyak dua kali sehari.

Namun, ibu hamil harus ekstra hati-hati dan teliti dalam memilih produk kecantikan, karena jika salah memilih produk kecantikan yang memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya maka dapat mengganggu tumbuh kembang janin.

Selain melakukan perawatan dengan mengguanakan produk kecantikan, cara mudah dan aman atasi kulit berminyak pada ibu hamil juga bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Penanganan yang dilakukan di rumah ini cukup aman jika digunakan dengan benar dan tidak memiliki efek negatif pada tumbuh kembang janin.

Baca Juga : Obat Jerawat Alami untuk Semua Jenis Kulit

Berikut ini beberapa cara mudah dan aman atasi kulit berminyak pada ibu hamil :

  • Bersihkan Wajah

Salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi wajah berminyak pada ibu hamil yaitu dengan cara membasuh wajah dnegan air hangat setiap kali wajah terasa lengket. Selain muda, cara ini juga cukup efektif, mengingat air panas secara fisik emang lebih mudah untuk melarutkan minyak.

  • Gunakan Resep Alami

Selain dengan membasuh wajah, Anda juga bisa mengatasi kulit berminyak selama masa kehamilan dengan membuat resep alami yang memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar. Seperti :

Putih telur. Basuh wajah dengan air hangat kuku, balurkan putih telur sebagai masker wajah, biarkan hingga 15 menit. Setelah itu basuh kembali wajah dan gunakan pembersih khusus untuk kulit berminyak.

Jus lemon. Campurkan jus lemon dengan madu dan oleskan pada wajah yang berminyak. Diamkan hingga 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Jus timun. Cuci timun hingga bersih, hancurkan atau blender dan dinginkan timun dalam kulkas selama 30 menit. Setelah itu, oleskan pada wajah sebelum mandi.

Apel. Tumbuk segenggam apel hijau, segenggam gandum, dan putih telur. Tambahkan 1 sendok teh jus lemon dan kemudian oleskan pada wajah. Diamkan hingga 15 menit dan bilaslah dengan air dingin.

  • Hindari Penggunaan Make Up

Penggunaan foundation, bedak, dan kosmetika lainnya dapat membuat kondisi kesehatan wakah Anda semakin memburuk. Bakteri penyebab jerawat akan tumbuh subur karena keringat dan minyak yang bercampu karbohidrat yang berasal dari kosmetik tersebut.

Cara Mudah dan Aman Atasi Kulit Berminyak pada Ibu Hamil

  • Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih juga merupakan cara alternatif yang bisa membantu mengatasi kulit berminyak saat hamil. Konsumsiair putih yang cukup, selain bisa membantu sistem pencernaan bekerja optimal juga bisa berfungsi untuk mengeluarkan segala racun dari dalam tubuh, termasuk minyak yang terdapat dalam kelenjar kulit.

  • Pilih Jenis Makanan

Selama masa kehamilan, cobalan untuk menghindari mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak. Selain tidak baik untuk pencernaan, makanan jenis tersebut juga bisa memperparah kondisi kulit berminyak. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

  • Olahraga Secara Rutin

Cara mudah dan aman atasi kulit berminyak pada ibu hamil terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan rajin olahraga. Olahraga akan membantu mengeluarkan keringat dan membuat pori wajah yang tersumbat. Jenis olahraga yang bisa ibu hamil lakukan seperti yoga, jalan kaki, senam hamil, atau pilates.

Selain beberapa tips diatas, ibu juga bisa memanfaatkan buah dan sayur untuk dijadikan masker. Jika ibuhamil mengalami peningkatan jumlah produksi minyak berlebih pada wajah dan menimbulkan masalah kulit yang lainnya, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pencegahan dan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *