Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Di Muka

11 Apr

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang, terutama ketika memasuki usia remaja. Namun, orang dewasa juga tidak menutup kemungkinan mengalami jerawat. Pada hal ini, jerawat biasanya menimbulkan masalah psikologi seperti sadar diri berlebihan dan kecemasan. Pada artikel sebelumnya kita sudah memberikan informasi mengenai cara mengobati jerawat. nah, kali ini kita akan berbagi tips cara mencegah timbulnya jerawat di muka, agar jerawat tidak timbul lagi. Tapi sebelumnya, ada baiknya jik akita ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

cara mencegah timbulnya jerawat dimuka

Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat dan komedo biasanya timbul karena produksi minyak yang berlebih diwajah, ditambah lagi dengan adanya penyumbatan pada kelenjar sebaceous. Hal ini menyebabkan bakteri muncul dan timbulah jerawat. Ada beberapa faktor pemicu timbulnya jerawat yang tidak bisa kita hindari, yaitu aktifitas hormon yang mendorong produksi minyak yang lebih dari biasanya, misalnya pada saat masa puber, kehamilan dan saat menstruasi. Selain itu, beberapa jenis makanan juga dapat menjadi faktor pendorong produksi minyak yang berlebih, misalnya makanan pedas yang akan meningkatkan suhu tubuh.

Kesalahan dalam memilih produk kosmetik juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Banyak produk kosmetik yang dijual dengan berbagai jenis dan merk, tapi Anda perlu eberhati- hati dalam memilih produk kosmetik. Pemakaian produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menimbulkan beberapa masalah, seperti kulit wajah memerah, rusak, timbul komedo dan jerawat. Jadi, Anda harus memastikan produk yang Anda gunakan sudah sesuai dengan jenis kulit.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Di Muka

Perawatan harian akan sangat menetukan kesehatan kulit dan pencegahan jerawat. Bila jenis kulit Anda berminyak, makansegeralah mencuci muka dengan sabun khusus jerawat agar sebum tidak bercampur dengan debu dan kotoran, sehingga dapat menjadi sumbatan. Namun, harus diperhatikan juga bahwa mencuci muka terlalu sering juga dapat mengakibatkan muka menjadi kering. Untuk jenis kulit kering atau normal mencuci muka saja tidak cukup, lengkapi juga dengan penggunaan cleanser.

Tindakan pencegahan merupakan salah satu langkah terbaik daripada dengan mengatsi kulit yang berjerawat. Menghindari timbulnya jerawat dimuka memerlukan perawatan yang teratur. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat :

Menjaga Kebersihan Wajah

cara mencegah timbulnya jerawat di mukaMembersihkan wajah memang harus selalu dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel diwajah, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih dipermukaan kulit. Gunakanlah air hangat dan pembersih wajah untuk mencegah timbulnya jerawat. Jangan gunakan sabun untuk badan yang mengandung bahan kimia diwajah, karena dapat melukai kulit dan meyebbakan iritasi.

Gunakan Kosmetik Dengan Tepat dan Secukupnya

Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis kosmetik yang akan digunakan dengan memperhatikan kandungan bahan-bahan yang terdapat pada kosmetik. Pilihlan kosmetik yang tidak mengandung bahan kimia. Atau Anda juga bisa melakukan tes kulit telebih dahulu agar dapat menentukan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan kosmetik sewajarnya, jangan berlebihan serta usahakan untuk membersihkan wajah sebelum tidur untuk menghilangkan kosmetika yang masih menempel diwajah.

Hindari Kontak Langsung Antara Tangan Dan Wajah

Kontak langsung tangan dan muka dapat memicu timbulnya jerawat. Tangan yang kotor dapat menyebarkan bakteri diwajah dan bisa menimbulkan iritasi. Jangan menyentuh jerawat dengan tangan, karena dapat menimbulkan infeksi dan jaringan parut.

Hindari Wajah Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

cara mencegah timbulnya jerawat di muka Sinar ultraviolet dari matahari dapat menimbulkan peradangan pada kulit wajah. Anda dapat menghindari paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan tabir surya ketika akan atau sedang beraktifitas diluar ruangan. Gunakan tabir surya non acnegenic untuk mengurangi pertumbuhan jerawat batu.

Olahraga Dengan Teratur

Olahraga jika dilakukan secara teratur sangat baik baik untuk kesehatan, baik fisik ataupun pikiran, termasuk untuk kulit. Berolahraga akan menghilangkan kecemasan dan stress serta mengalirkan lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Saat berolahraga sebaiknya tidak menggunakan topi, kacamata atau helm yang dapat menimbulkan keringa berlebih. Keringat berlebih dapat mengiritasi kulit dan menjadi sarang bakteri diwajah dan pastika untuk selalu mandi ketika selesai berolahraga.

Selain beberapa tips diatas, cara mencegah jerawat dimuka juga dapat dilakukan dengan memnuhi gizi yang cukup, hindari stress, perbanyak minum air putih, dan tentunya harus selalu berkonsultasi dengan dokter. Sebenarnya menjaga kulit agar terhindar dari jerawat tidaklah sulit jika dilakukan dengan benar. Jika jerawat terlanjur tumbuh pada kulit wajah, Anda bisa mengobati jerawat dengan menggunakan obat jerawat alami yang dibaut secara khusus dari perpaduan bahan alami pilihan, karena bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping.

Semoga informasi cara mencegah timbulnya jerawat yang kami berikan bisa bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mencegah dan mengatasi masalah jerawat diwajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *