Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Bokong Secara Alami

16 Oct

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Bokong Secara Alami,- obatjerawatcina.com – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang bisa timbul di bagian tubuh mana saja, tidak terkecuali di daerah tubuh pribadi seperti bokong. Jerawat di bokong ini sedikit berbeda dengan jerawat di wajah, baik penyebabnya ataupun cara perawatannya.

Jerawat di bokong timbul karena folliculitis, yang biasanya disebabkan ketika bakteri Staphylococcus aureus menginfeksi folikel rambut. Bakteri ini biasanya hidup di kuilt tanpa menyebabkan masalah, tetapi ketika bakteri masuk ke dalam melalui kulit, ini bisa menyebabkan infeksi. Jika infeksi ini semakin memburuk, maka ini bisa menyebabkan bisul yang menyakitkan.

Siapa pun bisa mengalami jerawat di bokong, namun kondisi ini umumnya lebih rentan dialami oleh mereka yang rajin berolahraga. Hal ini dipicu karena keringat yang keluar tidak segera dibersihkan. Kondisi kulit bokong yang tertahan celana olahraga ketat akan memicu timbulnya bakteri dan jamur sehingga menyebabkan peradangan pada folikel rambut.

Jerawat di Bokong

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Bokong Secara Alami di Rumah

Secara umum, ada beberapa cara mencegah dan mengatasi jerawat di bokong secara alami yang bisa dilakukan di rumah, yaitu diantaranya :

  • Gunakan pakaian longgar

Gesekan yang disebabkan oleh pakaian ketat bisa mengiritasi folikel di bokong, memicu benjolan merah dan jerawat. Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah pakaian yang lebih longgar agar bisa memberi ruang untuk kulit bernapas.

Pilihlah pakaian yang berbahan katun, terutama untuk pakaian dalam. Selain itu, hindari menggunakan pakaian yang berbahan polister atau nilon.

  • Hindari pelembut pakaian

Beberapa orang memiliki kulit yang sensitif terhadap kain atau produk cucian. Itulah sebabnya mengapa sebagian besar merek deterjen menawarkan versi hypoallergenic.

Jika Anda curiga bahwa detergen, pelembut pakaian, atau pengering rambut mungkin bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di bokong, maka sebaiknya hindari bahan-bahan tersebut ata cari bahan alternatif lainnya.

  • Jaga kebersihan

Salah satu cara paling penting untuk mencegah infeksi yaitu menjaga kebersihan tubuh dengan mandi menggunakan sabun antibakteri secara rutin dan teratur. Mandi dengan bersih setiap hari di pagi dan sore hari atau setelah beraktivitas bisa membantu menghilangkan kotoran dan penumpukan bakteri dari keringat.

Selain itu, jangan lupa untuk segera mandi setelah berolahraga. Membiarkan keringat dan kotoran pada kulit setelah olahraga bisa menjadi pemicu jerawat terbesar.

  • Air garam

Larutan air garam bisa membantu mengobati infeksi ringan. Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan 1 sendok teh garam meja dengan 2 cangkir air dan basahi handuk atau waslap bersih dengan larutan ini. Kemudian lap area jerawat di bokong dengan lembut.

  • Duduk di atas lap hangat

Basahi kain lap dengan air hangat, tetapi jangan terlalu panas. Tempatkan kain lembab tersebut diatas area bokong yang berjerawat secara perlahan. Kehangatan akan menenangkan dan bisa membantu membuka pori-pori serta menarik beberapa bakteri dan nanah. Anda juga bisa mandi air hangat atau menggunakan mandi sitz.

  • Eksfoliasi

Eksfoliasi yaitu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang bisa menyumbat folikel dan membuat infeksi. Namun, melakukan eksfoliasi dengan scrub bisa mengiritasi folikel yang sudah meradang dan membuat jerawat lebih buruk.

Oleh karena itu, lakukan eksfoliasi dengan lembut, dengan menggunakan kain lembut atau waslap. Jika jerawat di bokong meradang atau terasa perih, sebaiknya jangan lakukan eksfoliasi.

  • Obat-obatan bebas

Jika jerawat di bokong ringan, menggunakan benzoil peroksida untuk mandi bisa menjadi perawatan yang baik. Benzoil peroksida dapat membantu membersihkan pori-pori yntuk mengurangi jerawat. Zat ini juga memiliki sifat antiradang.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengoleskan losion asam laktat yang bisa membantu membuang sel-sel kulit mati. Dengan begitu, maka kulit bokong bisa menjadi lebih halus.

Meskipun bukan termasuk area kulit yang umum terlihat, namun bukan berarti Anda tidak perlu merawat area bokong. Tetap lakukan perawatan secara menyeluruh untuk menjaga kesehatannya. Jika semua cara sudah dicoba tetapi jerawat tidak kunjung mereda, maka sebaiknya segera kunjungi ahli dermatologis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *