Cara Memanfaatkan Buah Mengkudu untuk Atasi Bekas Jerawat

8 Aug

Cara Memanfaatkan Buah Mengkudu untuk Atasi Bekas Jerawat,- Buah mengkudu diketahui memiliki rasa dan bau yang tidak sedap. Walaupun begitu, buah yang satu ini cukup banyak dicari oleh masyarakat. Konon sebagai obat tradisional, mengkudu memiliki banyak khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai macam kondisi.

Mengkudu merupakan sejenis pohon cemara tropis yang biasa dijumpai di Kepulauan Pasifik, India, Australia, dan Asia Tenggara. Buah ini mengadnung sejumlah fitokimia, yaitu zat pada buah-buahan yang bisa mencegah penyakit. Jenis fitokimia yang ada didalam buah mengkudu antara lain asam lemak, lignan, alkaloida, beta-sitosterol, flavonoid, dan iridoid.

Selain itu, mengkudu juga memiliki kandungan sejumlah nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B3, potasium, kalsium, katekin, damnacanthal, sodium, zat besi, serat, dan karbohidrat.

Tidak hanya baik untuk kesehatan, buah mengkudu juga disebutkan memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan. Kandungan vitamin A, C dan E yang dimilikinya mampu membantu mengatasi bekas jerawat yang mengganggu. Buah mengkudu juga memiliki zat anti bakteri yang aktif mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Escherichia colli dan Bachillus subtillis.

Anda tidak perlu mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut ini cara memanfaatkan buah mengkudu untuk atasi bekas jerawat yang bisa Anda lakukan, diantaranya yaitu :

Bahan :
2 buah mengkudu matang
Kapas atau kain kasa

Cara membuat :

  • Haluskan buah mengkudu dengan blender. Anda juga bisa menambahkan air.
  • Saring buah mengkudu dan pisahkan ampas dengan air hasil perasan.
  • Gunakan kapas atau kain kassa yang telah disiapkan untuk mengoleskan perasan air mengkudu ke daerah kulit yang berjerawat.
  • Pijat wajah secara perlahan agar air perasan mengkudu bisa meresap ke pori-pori kulit.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Setelah kering, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Itulah cara memanfaatkan buah mengkudu untuk atasi bekas jerawat yang bisa dilakukan. Lakukan perawatan tersebut secara rutin 2 kali seminggu, maka jerawat akan kering dan kempis serta noda bekas jerawat pun akan cepat menghilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *