Benarkah Protein Shake Sebabkan Jerawat? Ini Penjelasannya

15 Nov

Benarkah Protein Shake Sebabkan Jerawat? Ini Penjelasannya,- Protein shake merupakan salah satu suplemen makanan untuk diet yang sedang populer saat ini. Mengonsumsi protein shake disebut-sebut dapat membuat Anda berdiet dengan cara yang tidak begitu menyiksa, dan proses penurunan berat badan pun berjalan lebih cepat.

Selain dijadikan sebagai minuman, protein shake (berbentuk bubuk sebenarnya) disukai banyak orang karena mudah untuk ditambahkan ke makanan atau minuman apapun. Misalnya, Anda bisa menambahkan protein powder ke dalam jus buah dan sayuran, menu makan siang, sarapan, dan makan malam, bahkan camilan.

Namun, apakah Anda tahu bahwa bubuk protein ini bisa mengurangi estetika wajah Anda ? Dr. Mona Gohara, seorang dermatologis di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa protein shake bisa sebabkan jerawat.

Hal ini tentu cukup mengganggu. Anda yang ingin memiliki tubuh langsing justru mendapatkan masalah lain. Jerawat yang timbul ini diduga disebabkan karena protein shake mengandung whey.

Whey atau laktoserum merupakan cairan semi-transparan yang tertinggal selama proses pengendapan dalam pembuatan keju. Nah, whey inilah yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan diperlukan untuk membentuk otot serta menurunkan berat badan.

Masalahnya, whey ini menguatkan hormon androgenik seperti testosteron. Selain itu, whey juga meningkatkan faktor pertumbuhan insulin, sehingga memicu produksi minyak lebih banyak.

Meskipun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa protein shake sebabkan jerawat, namun tidak dapat dipastikan apakah mereka yang tidak memiliki masalah jerawat akan jadi jerawat atau tidak setelah mengonsumsi minuman ini. Karena penyebab utamanya adalah dari hormon masing-masing orang, yang tentu memiliki reaksi hormon yang berbeda-beda.

Namun, untuk mencegah timbulnya jerawat akibat mengonsumsi protein shake, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti diantaranya :

  1. Konsultasikan ke dokter kulit apakah jerawat yang timbul merupakan dampak dari protein shake atau bukan.
  2. Konsumsilah protein shake secukupnya. Jangan terlalu sering, karena juga bisa mneyebabkan peradangan.
  3. Jika Anda kulit wajah cederung berjerawat setelah mengonsumsi protein shake, sebaiknya hentikan atau kurangi porsi protein shake yang Anda konsumsi menjadi 1 kali sehari atau 2 hari sekali.

 

Baca juga :

Manfaat Obat Tetes Mata untuk Redakan Jerawat Meradang
Penyebab Jerawat di Area Intim
Obat Jerawat Rekomendasi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *