Beberapa Hal yang Harus Dihindari saat Berjerawat

25 Jul

Beberapa Hal yang Harus Dihindari saat Berjerawat,-  Jerawat seakan menjadi masalah kulit yang paling sering timbul. Bagaimana tidak, hampir setiap orang pasti sering mengalami yang namanya jerawat, terutama remaja. Jerawat tentu akan mengganggu penampilan dan membuat siapapun tidak percaya diri, sehingga ketika jerawat timbul kita sering kali melakukan berbagai cara untuk mengusirnya.

Ada banyak cara yang biasanya dilakukan untuk mengatasi jerawat, mulai dengan menggunakan obat jerawat hingga memencet jerawat secara sembarangan. Memencet jerawat memang dapat menghilangkan jerawat secara cepat, namun hal ini bisa menimbulkan bekas yang justru akan lebih sulit untuk dihilangkan.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dalam menangani jerawat. Pasalnya penanganan yang salah justru dapat memperparah jerawat. Nah, agar penanganan pada jerawat benar, berikut ini ini merupakan beberapa hal yang harus dihindari saat berjerawat, diantaranya yaitu :

Menyentuh jerawat

Menyentuh jerawat dengan jari tangan secara sembarangan mungkin merupakan salah satu hal yang sering dilakukan saat berjerawat. Padahal, hal ini sangat dilarang. Apapun alasannya, jangan menyentuhnya, karena kotoran ataupun bakteri yang ada pada tangan dapat menambah banyaknya jerawat yang ada.

Memecahkan jerawat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memencet jerawat sebaiknya dihindari karena dapat memperlama proses penyembuhanya. Terlebih lagi ketika kondisi tangan kotor karena berisiko mengalami infeksi dan menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang. Jadi, sebaiknya hindari memencet jerawat secara sembarangan.

Menempel dengan rambut

Kandungan minyak pada rambut kurang baik untuk kulit berjerawat. Maka dari itu, jangan biarkan rambut menempel apalagi yang rambutnya memiliki minyak berlebih. Jadi, usahakan untuk menjauhkannya.

Penggunaan makeup yang tidak tepat

Agar jerawat tidak semakin parah, sebaiknya hindari menggunakan produk perawatan wajah dan makeup yang mengandung minyak atau alkohol. Pilihlah produk yang bebas minyak atau noncomedogenik.

Menggunakan scrub

Ketika wajah berjerawat, yang perlu diingat adalah hindari menggunakan bahan-bahan yang kasar pada wajah, seperti scrub. Pasalnya, gesekan antara scrub dan kulit dapat menyebabkan rusaknya lapisan kulit luar dan meninggalkan bekas luka di wajah.

Facial dan chemical peels

Hal yang harus dihindari saat berjerawat lainnya yaitu jangan lakukan facial atau chemical peels. Meskipun dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat, namun faktanya melakukan facial dan chemical peels dapat membuat kulit yang berjerawat menjadi teriritasi.

Menggunakan aksesoris kepala

Bagi Anda yang gemar menggunakan aksesoris kepala, seperti topi, sebaiknya hindari penggunaannya saat berjerawat. Pasalnya dapat menyebabkan panas dan memperparah kondisi jerawat akibat gesekannya. Selain itu, hal t ersebut juga dapat menyebabkan terjebaknya kotoran dan keringat di pori-pori dan menimbulkan jerawat batu.

Menggunakan handuk

Hindari penggunaan handuk saat berjerawat, baik itu setelah mandi ataupun mencuci muka. Gesekan antara handuk dengan kulit jerawat akan membuat kulit terluka, terlebih lagi ketika jerawat mulai matang dan akan pecah. Sebagaia lternatif, Anda bisa menggunakan tisu untuk mengeringkan wajah Anda saat berjerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *