Bahaya Kandungan Merkuri Pada Kosmetik

7 Aug

Merkuri atau air raksa (Hg) merupakan golongan logam berat dengan nomor atom 80 dan berat atom 200,6. Merkuri digunakan pada berbagai aplikasi seperti amalgam gigi, sebagai fungisida, dan beberapa penggunaan industri termasuk untuk proses penambangan emas. Tapi, bagaimana jika kandungan merkuri tersebut ada didalamkosmetik ?

bahaya kandungan merkuri pada kosmetik

Sudah sejak lama kandungan merkuri digunakan dalam berbagai jenis kosmetik, terutama yang berkaitan dengan pemutih kulit. Krim pemutih yang mengandung merkuri biasanya menawarkan proses yang cepat untuk mendapatkan kulit putih, bahakn lebih cepat dari produk kecantikan yang tanpa menggunakan kandungan merkuri.

Merkuri bekerja dengan membendung dan menekan melanin di dalam lapisan kulit, sehingga permukaan kulit tampak lebih putih pucat. Tapi, lama kelamaan ketika tumpukan melanin tersebut sudah tidak tertampung lagi, maka bendungan melanin tersebut dapat jebol. Sehingga kulit dipenuhi dengan flek-flek hitam yang menumpuk dan bisa menyebabkan seperti: basal cell, carcinoma, malignant, melanoma, malignum malonoma, dll.

Untuk dapat mengetahui apakan kosmetik yang kita gunakan mengandung merkuri atau tidak, berikut beberapa tios sederhana untuk mengetahuinya :

  • Krim pada umumnya lengket. Ada beberapa produk yang mencampurkan merkuri dengan bedak dingin atau bedak jerawat agar terlihat lebih encer.
  • Krim pada umumnya terasa kasar. Bentuk dari krim yang mengandung merkuri pada umumnya tidak menyatu danksar, jika didiamkan dalam waktu yang lama maka minyak akan terpisah dengan bagian yang padat.
  • Terasa panas dan gatal. Kulit yang terpapar oleh krim tersebut akan terasa panas dan gatal, tapi sebagian lagi karena adanya campuran bedak dingin agar tidak terasa panas dan gatal.
  • Bau parfum menyengat. Kosmetik yang mengandung merkuri, bau logam dari kandungan tersebut akan menyengat. Tapi pada sebagian ada yang menggunakan parfum yang juga sangat menyengat untuk menutupi bau dari kandungan tersebut.
  • Warna umumnya mencolok, karena tidak menggunakan pewarna untuk kosmetik, umumnya menggunakan bahan pewarna tekstil.
  • Pada pemakaian awal akan menyebabkan iritas pada kulit dan bisa terkena sinar matahari akan berwarna kemerahan.
  • Warna putih yang dihasilkan umumnya pucat.
  • Kulit dapat berubahn menjadi putih dalam waktu yang singkat, biasanya kurang dari seminggu, tergantung dari kadar kandungan merkuri, semakin tinggi kandunganmerkuri yang ada didalmnya, maka akan semakin cepat pula memberikan warna putih pada kulit.
  • Tidak timbul jerawat sama sekali, hal ini disebabkan karena lapisan kulit edemis kita telah rsak, kulit sudah tidak mengandung protein dan melanin yang berfungsi untukmelindungi radiasi paparanmatahari juga sudah tidak berfungsi, sehingga jasad renik ataupun kuman tidak akanmenyukai kulit yang telah tercemar merkuri, termasuk nyamuk sekalipun.

Bahaya Kandungan Merkuri Pada Kosmetik

Kandungan merkuri pada kosmetik memang dapat memberikan efek yang sangat menarik, mampu membuat wajah menjadi lebih putih dalam waktu yang singkat. Tapi, dibalik semua itu, merkuri dalam kosmetik justru memilki bahaya bagi kesehatan. Berikut beberapa bahaya kandungan merkuri pada kosmetik :

  1. Kerusakan pada syaraf (khusu alzheimer dan parkinson), gemetar, susah tidur, gangguan penglihatan, emosi, pikun, dan depresi
  2. Dapat menghambat pertumbuhan janin dan mengakibatkan keguguran dan mandul
  3. Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan jika pemakaian dihentikan akan timbul lagi dan bahkan lebih parah
  4. Efek rebound (efek balik) yaitu memberikan respon yang berlawanan, yakni kulit akan gelap/kusam ketika pemakaian dihentikanBagi wajah yg tadinya bersih lambat laun akan timbul flek
  5. Kerusakan saluran pencernaan, ginal, hati, dan organ tubuh yang lainnya
  6. Dapat mengakibatkan kanker kulit.
  7. Pada pemakaian awal dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.
  8. Pori-pori tampak mengecil & halus
  9. Bila telah tercemar merkuri & pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal. Serta akan timbul bintik-bintik hitam dibawah kulit sebagian atau merata di wajah.
  10. Warna Putih pada kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman.

Begitu banyak bahaya dari pemakaian kosmetik yangmengandung merkuri. Dengan begitu, kita harus lebih berhati dalam memilih kosmetik yang akan digunakan. Usahakan untuk selalu meastikan bahwa kosmetik yang Anda beli bebas dari kandungan bahan merkuri yang akan membahayakan Anda.

bahaya kandungan merkuri pada kosmetik

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *