Awas! Gunakan Headphone Berlebihan Picu Jerawat di Telinga

22 Jun

Awas! Gunakan Headphone Berlebihan Picu Jerawat di Telinga,- Jerawat bisa timbul kapan saja dan di mana saja. Selama ini mungkin yang kita tahu jerawat sering timbul di bagian-bagian tubuh yang terlihat jelas, seperti wajah. Padahal, jerawat juga bisa timbul di bagian-bagian tubuh yang tertutup, seperti salah satunya telinga.

Selain karena hormon dan genetik, kebiasaan sehari-hari juga bisa menjadi pemicu timbulnya iritasi pada kulit. Baru-baru ini seorang dokter memperingatkan bahwa menggunakan headphone untuk waktu yang lama bisa menyebabakn pembentukan komedo di telinga.

Walaupun mendengarkan musik bisa membantu melepaskan stres, namun kebiasaan menggunakan headphone secara berlebihan ini bisa mengganggu kulit dan menimbulkan jerawat di telinga. Terlebih lagi jika headphone yang digunakan tidak pernah dibersihkan, maka ini sangat berpotensi membawa bakteri ke telinga. Maka tak heran jika bisa menyumbat pori dan membuat timbulnya peradangan pada telinga.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya ?

Sebuah video yang berjudul ‘The Doctors’, menunjukkan bahwa bagian luar telinga mengadnung banyak kelenjar sebaceous seperti hidung dan dagu. Kelenjar sebaceous ini bertanggungjawab untuk mensekresikan minyak yang dapat menyebabkan komedo.

Untuk menghindari jerawat di telinga, coba biasakan untuk membersihkan kulit bagian luar telinga dan daun telinga secara rutin untuk memastikan pori-pori tidak tersumbat. Selain itu, batasi penggunaan headphone, apalagi headphone yang tidak dibersihkan secara teratur untuk mengurangi iritasi kulit. Basakan juga untuk tidak mengorek telinga dengan tangan atau benda yang kotor.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat jerawat di telinga yang bisa dibeli secara bebas untuk membunuh bakteri dengan bahan yang mengandung benzoyl peroxide atau senyawa turunan vitamin A seperti tretinoin. Jika diperlukan, maka dokter mungkin juga akan meresepkan antibiotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *